Menu

Mode Gelap
Digelar Sebentar Lagi, Ketua PWM Jabar Ajak Warga Muhammadiyah Dukung dan Sukseskan OlympicAD VII Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus Rekomendasi Jasa Pembuatan Hardbox di Bandung

Muhammadiyah News Network WIB

Gubsu Ajak Muhammadiyah Bantu Dorong Pertumbuhan Ekonomi


 Gubsu Ajak Muhammadiyah Bantu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Perbesar

 

Medan, InfoMu.co – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menjadi salah seorang pembicara pada Pengajian Ramadan Muhammadiyah Sumatera Utara.  Pengajin Muhammadiyah Sumut itu dihadiri Pimpinan Muhammadiyah Wilayah, Pimpinan Muhammadiyah Daerah dan Pimpinan Organisasi otonom Muhammadiyah.

Pengajian internal pimpinan Muhammadiyah se-Sumatera Utara itu berlangsung selama dua hari di Kampus Utama UMSU, Jalan Muhtar Basri, Medan.

Gubsu dalam paparannya menjelaskan kondisi perekonomian Sumatera Utara hari ini yang butuh dorongan banyak pihak terutama  Muhammadiyah.  Laju pertumbuhan ekonomi suatu daerah dipengaruhi berbagai faktor, di antaranya Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan insfratruktur dan sektor pertanian. Karena itu, tiga hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam pembangunan daerah, jelas Edy Rahmayadi.

Dijelaskan Gubernur, infrastruktur sangat mempengaruhi biaya distribusi logistik yang dikeluarkan, dengan cukup tingginya cost yang dikeluarkan berakibat pada tingginya harga-harga barang, sehingga membebani daya beli masyarakat. Untuk itu, keberadaan infrastruktur yang memadai menjadi cukup penting untuk menurunkan biaya.

“Kondisi infrastruktur pasti memengaruhi nilai jual suatu barang, kita tahu bersama Sumut itu memiliki jalan terpanjang di Indonesia, dengan APBD terbatas, jadi tidak semua jalan di Sumut mantap sehingga berdampak biaya distribusi barang,” jelas Edy Rahmayadi.

Berbicara tentang pertumbuhan ekonomi, katanya, pembangunan SDM menjadi faktor kunci untuk memacu peningkatan ekonomi di era disrupsi, dimana inovasi dan perubahan terjadi sangat cepat, karena salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembangunan dalam bidang ekonomi adalah SDM.

Rendahnya kualitas SDM akan berdampak pada rendahnya tingkat produktivitas dan partisipasi kerja masyarakat. “Kunci peningkatan kualitas SDM dengan pendidikan, selain itu dukungan gizi yang baik. langkah strategis ini harus mendapatkan dukung seluruh pemangku kepentingan,” katanya.

Selain itu, tambahnya, sektor pertanian memiliki kontribusi penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Karena sebagian besar penduduk Sumut bekerja di sektor pertanian. “Kita bersatu DPR, gubernur, bupati/walikota, tokoh masyarakat, dan ulama, agar peluang-peluang swasembada pangan bisa kita raih untuk memajukan Sumut,” ujarnya.

Sebelumnya pengajian Muhamamdiyah Sumut itu menghadirkan beberapa Pimpinan Pusat Muhammadiyah seperti, Haedar Nashir, Abdul Mu’ti, Muhadjir Efendy, Syafiq A. Mugni dan Marpuji Ali.  (Syaifulh).

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Digelar Sebentar Lagi, Ketua PWM Jabar Ajak Warga Muhammadiyah Dukung dan Sukseskan OlympicAD VII

29 February 2024 - 02:44 WIB

Tiga Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung Resmi Dilantik

29 February 2024 - 01:24 WIB

Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai

28 February 2024 - 22:42 WIB

Ketua PWM Ajak Warga Muhammadiyah se-Jawa Barat Untuk Sukseskan OlympicAD VII di Bandung

28 February 2024 - 21:23 WIB

Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli

28 February 2024 - 18:40 WIB

Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus

28 February 2024 - 14:38 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network