Menu

Mode Gelap
Digelar Sebentar Lagi, Ketua PWM Jabar Ajak Warga Muhammadiyah Dukung dan Sukseskan OlympicAD VII Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus Rekomendasi Jasa Pembuatan Hardbox di Bandung

Muhammadiyah News Network WIB

MUI: Kualitas Siaran Televisi Selama Ramadhan Meningkat,


 MUI: Kualitas Siaran Televisi Selama Ramadhan Meningkat, Perbesar

Jakarta, InfoMu.co –  Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPU) mengumumkan hasil evaluasi terhadap tayangan yang disiarkan di televisi selama 10 hari pertama bulan Ramadan 1443 H. MUI menyampaikan hasil evaluasi berdasarkan pemantauan yang dilakukan terhadap 19 stasiun televisi.

Ketua Tim Pemantau dari MUI, Tantan Hermansyah menyampaikan, ada peningkatan kualitas produk siaran selama bulan Ramadhan 1443 H ini. Peningkatan kualitas produk ini karena semakin minimnya indikasi pelanggaran yang terdapat dalam tayangan.

“Meski begitu, banyak juga realitas siaran program Ramadhan yang masih melakukan pelanggaran atau ketidakpatutan terutama pada empat hal,” tutur anggota Komisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI itu, dalam konferensi pers ‘Publish dan Evaluasi 10 Hari Pertama Siaran Ramadhan 2022’ di Jakarta, Senin (18/4/2022).

Empat hal tersebut, lanjut Tantan, yaitu adegan kekerasan fisik dan verbal, tendensi sensualitas, masalah kepatutan etis dan kelaikan syariat, dan protokol Covid-19. Evaluasi pertama terkait adegan kekerasan fisik dan verbal. Beberapa program yang mendapat evaluasi MUI terkait adegan kekerasan fisik dan verbal, yakni program Ini Sahur Lagi (Net TV), sinetron Janda Kembang (Net TV), Sahur Lebih Seger (Trans7), dan AKSI Indonesia (Indosiar).

Tantan mengatakan, evaluasi kedua berkaitan dengan tendensi sensualitas. Dalam evaluasi ini, ada dua program televisi yang dievaluasi MUI terkait tendensi sensualitas. Pertama ialah Sahurnya Pesbukers (ANTV) dan kedua, Canda of The Day (TVRI).

Evaluasi ketiga, terang Tantan, terkait kepatutan etis dan kelaikan syariat. Sejumlah stasiun televisi menayangkan film atau sinetron di jam-jam prime time. Di antaranya adalah Global TV dengan Big Movies Platinum Sahur pada pukul 01.00-03.30 WIB dan penayangan kembali pada jam jelang berbuka puasa. (rep)

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Digelar Sebentar Lagi, Ketua PWM Jabar Ajak Warga Muhammadiyah Dukung dan Sukseskan OlympicAD VII

29 February 2024 - 02:44 WIB

Tiga Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung Resmi Dilantik

29 February 2024 - 01:24 WIB

Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai

28 February 2024 - 22:42 WIB

Ketua PWM Ajak Warga Muhammadiyah se-Jawa Barat Untuk Sukseskan OlympicAD VII di Bandung

28 February 2024 - 21:23 WIB

Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli

28 February 2024 - 18:40 WIB

Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus

28 February 2024 - 14:38 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network