Menu

Mode Gelap
Menteri PPPA Apresiasi Hunian Darurat Yang Di Bikin Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur

Muhammadiyah or id WIB

Peringatan Nuzulul Quran Niscayakan Kader Pemuda Muhammadiyah Berdimensi Bayani, Burhani, dan Irfani


 Peringatan Nuzulul Quran Niscayakan Kader Pemuda Muhammadiyah Berdimensi Bayani, Burhani, dan Irfani Perbesar

#

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Menyambut momentum Nuzulul Quran, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengadakan pengajian daring bersama Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Tafsir, Senin (19/4).

Dalam sambutannya, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Cak Nanto mengajak seluruh kader anggota Pemuda Muhammadiyah untuk senantiasa bersyukur dan menggunakan momen Ramadan sebagai momen muhasabah guna meningkatkan kesalehan pribadi sekaligus kesalehan sosial.

“Tidak semua orang sampai di bulan Ramadan ini. Karena itu kita manfaatkan betul bulan Ramadan sebagai ikhtiar kita mendekatkan diri kita kepada Allah agar nilai-nilai Ramadan dan Islam bisa kita laksanakan dalam kehidupan kita sehari-hari,” tuturnya.

Lebih lanjut, Cak Nanto menyebut bahwa peringatan Nuzulul Quran menyimpan makna tersirat. Turunnya Alquran memandu peradaban manusia dengan semangat Iqra’ agar mampu menjadi umat terbaik sebagaimana ciri khairu ummah dalam Surat Ali ‘Imran ayat ke-110.

“Umat terbaik meniscayakan kemajuan dan kemampuan manusia dalam melakukan tugas yang diberikan Allah sebagai khalifatul fil-‘ardh untuk memakmurkan bumi sebagaimana tercontohkan dengan cemerlan di Al Madinah Al Munawarah,” jelasnya.

“Maka dari peringatan Nuzulul Quran, kita semua kaum muslimin terutama kader-kader Pemuda Muhammadiyah diharapkan mampu meresapi hikmah di baliknya yang menjadikan gerakan kita semakin kokoh di dalam bingkai keilmuan dan amal yang mengandung aspek bayani, burhani dan irfani,” kata Cak Nanto.

“Dengan penghayatan terhadap Nuzulul Quran, maka kita sepatutnya berjalan membawa Pemuda Muhammadiyah menjadi gerakan pemuda yang penuh hikmah, yang menggembirakan, selalu solutif, mengusung semangat pencerahan, dan senantiasa membebaskan manusia dari kesulitan,” pungkasnya. (afn)

klik sumber berita ini

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

PCIM Pakistan adakan Gerakan Jumat Berkah bersama PPMI & PCINU

10 December 2022 - 00:16 WIB

SD Muhammadiyah Ini Terima Apresiasi Pendidikan Anti Korupsi dari KPK

9 December 2022 - 18:37 WIB

Sebelum Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Luar Negeri, Peserta MSPP Dibekali AIK melalui Baitul Arqam

9 December 2022 - 15:28 WIB

Selain Perlu Konstruksi Teologis, Moderasi Beragama Butuh Lebih Banyak Ruang Dialog

9 December 2022 - 12:00 WIB

Pergeseran Tata Kelola Program Lazismu dari Pendistribusian Menuju Pemberdayaan

9 December 2022 - 10:08 WIB

Haedar Desak Kepolisian Usut Tuntas Kasus Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

8 December 2022 - 22:46 WIB

Trending di Muhammadiyah or id