Menu

Mode Gelap
Menteri PPPA Apresiasi Hunian Darurat Yang Di Bikin Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur

Muhammadiyah News Network WIB

Pojok Tadarus Terapkan One Day One Juz – PWMU.CO


 Pojok Tadarus Terapkan One Day One Juz – PWMU.CO Perbesar

Pojok Tadarus SD Muhammadiyah 8 Surabaya. (Lia/PWMU.CO)

PWMU.CO– Pojok Tadarus menggema di SD Muhammadiyah 8 Sutorejo Surabaya. Aneka hiasan Ramadhan bertebaran di halaman sekolah menyambut kehadiran siswa peserta Darul Arqam 1443 H, Senin (18/4/2022).

#

Sebelum pukul 07.00 WIB, sudah terlihat beberapa siswa peserta Darul Arqam dengan busana muslim yang beraneka warna berlarian di halaman SDM 8. Padahal acara baru akan dimulai pukul 08.00 WIB. Mereka terlihat antusias dengan suasana sekolah yang berbeda dari biasanya.

Hari itu SDM 8 Surabaya menggelar kegiatan Ramadhan Gemilang dengan tema Light up your Ramadhan (Nyalakan Ramadhanmu dengan Menambah Keimanan).

Ketua Panitia kegiatan Ramadhan, Retno Wulandari SPd, menyampaikan maksud tema tersebut untuk meningkatkan keimanan seluruh warga sekolah melalui berbagai kegiatan Ramadhan.

Kegiatan tersebut di antaranya adalah Pojok Tadarus, Darul Arqam, dan Bakti Sosial. Selain kegiatan intern, sekolah juga mengikutkan guru dan karyawan dalam Darul Arqam yang diadakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Mulyorejo, Sabtu (9/4/2022). Sementara siswa mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan yang diadakan Dinas Pendidikan, Selasa (12/4/2022).

Diawali dengan Pojok Tadarus yang dilaksanakan setiap hari dengan metode One Day One Juz selama bulan Ramadhan. Peserta tadarus adalah guru dan siswa kelas 3 – 6 yang telah diseleksi kemampuan baca al-Qurannya oleh wali kelas.

Setiap kelas mengirim siswa lima anak untuk mengikuti tadarus sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia. Tadarus dilaksanakan mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 08.00 WIB, kemudian istirahat. Tadarus dilanjutkan pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

Kegiatan berikutnya adalah Darul Arqam dalam dua tahap. Tahap 1 yaitu Darul Arqam kelas kecil (kelas 1–3) yang dilaksanakan hari Senin–Selasa, 18–19 April 2022. Tahap 2 Darul Arqom kelas besar (kelas 4–6) yang dilaksanakan hari Rabu–Kamis, 20–22 April 2022.

Darul Arqam dilaksanakan pukul 08.00–10.00 WIB kecuali hari Jumat, 22 April 2022 yang dimulai pukul 15.00 WIB hingga usai shalat Tarawih di sekolah. Peserta Darul Arqam buka puasa, shalat Maghrib, shalat Isya, dan Tarawih di sekolah.

Windy Citra Negara mendongeng Ramadhan di SDM 8. (Lia/PWMU.CO)

Mendongeng

Darul Arqam hari pertama diikuti para peserta dengan antusias. Salah satu acaranya adalah Mendongeng dan Sulap yang disampaikan oleh Windy Citra Negara SPd Gr.

Windy mendongeng tentang Puasa Ramadhan dengan membawa boneka dan sesekali diselingi dengan sulap untuk menarik perhatian peserta. Tepuk riuh dan tawa dari peserta terdengar memenuhi aula SDM 8 Surabaya, tempat dilaksanakannya acara.

“Siapa yang dibelenggu pada bulan Ramadhan?” tanyanya usai mendongeng.

“Aku!” sahut salah satu peserta tanpa pikir panjang karena berharap dapat hadiah. Peserta yang lain berebut mengacungkan tangan berharap ditunjuk untuk menjawab pertanyaan. Akhirnya ditunjuk peserta dari kelas 1 Annur, Arjuna. “Setan!” jawabnya. Arjuna pun pulang membawa hadiah.

Kegiatan Ramadhan yang lain adalah Baksos dan bagi takjil yang insyaallah akan dilaksanakan hari Jumat, 22 April 2022. Sasaran baksos siswa dan warga sekitar yang kurang mampu. Pengambilan baksos harus disertai dengan kupon yang telah dibagikan maksimal H–1. Sementara untuk takjil dibagikan pada pengguna jalan di depan SDM 8 Surabaya.

Penulis Siti Jumalia Editor Sugeng Purwanto

sumber berita by [pwmu.co]

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Prodi AP UM Bandung Berkunjung dan Belajar Analisis Kebijak Publik Ke LAN

10 December 2022 - 14:34 WIB

SD Muh 1 Surakarta Terima Apresiasi Pendidikan Antikorupsi (PAK) dari KPK – Muriamu.ID

10 December 2022 - 10:33 WIB

Mewaspadai Penyakit Musim Hujan – bandungmu.com

10 December 2022 - 10:31 WIB

Tingkatkan Wawasan & Pengalaman Mahasiswa, Prodi Administrasi Publik UM Bandung Kunjungi Kementerian PANRB

10 December 2022 - 06:30 WIB

Mohammad Natsir dan Tiga Gurunya yang Inspiratif

10 December 2022 - 02:27 WIB

Cetak Gol ke Gawang Persik, Ini Komentar Febri Hariyadi

9 December 2022 - 22:26 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network