Home Muhammadiyah News Network Halal Center Umla Resmi Dilaunching, Komitmen Bantu UMKM

Halal Center Umla Resmi Dilaunching, Komitmen Bantu UMKM

by Infomu

Lamongan, InfoMu.co – Wakil Bupati Lamongan KH Abdul Rouf MAg melaunching Halal Center Umla (Universitas Muhammadiyah Lamongan), Selasa (19/4/2022).

Selain Wakil Bupati Lamongan KH Abdul Rouf, kegiatan ini dihadiri juga MUI (Majelis Ulama Indonesia) Lamongan, Kementrian Agama Lamongan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan, Ketua BPH Umla. Dalam acara launching Halal Center Umla sekaligus pembukaan kegiatan sosialisasi UMKM dan Pelatihan Tenaga Pendamping Proses Halal 19-22 April 2022

Sebagai ikhtiar untuk memberikan label halal dan memberikan rasa aman kepada masyarakat muslim di Indonesia khususnya Lamongan, Umla meresmikan Halal Center sekaligus melakukan sosialisasi sertifikasi produk halal.

Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf sangat mengapresiasi ikhtiar Umla dalam memikirkan keadaan umat. Menjaga eksistensi bagi muslim di tengah perkembangan sains dan teknologi, utamanya terkait makanan.

“Ini perlu kita apresiasi setinggi-tingginya. Ikhtiar Umla ini patut kita apresiasi bahwa dengan munculnya upayanya ini akan memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakat muslim kita,” ungkapnya

Ia menambahkan, sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, utamanya masyarakat muslim akan pentingnya menggunakan produk halal yang kini bahkan menjadi gaya hidup.

“Hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dengan produk halal,” jelas mantan Ketua Baznas Lamongan ini.

Rektor Umla DR Abdul Aziz Alimul Hidayat menyampaikan Halal Center Umla telah mendapatkan sertifikasi dari BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) Kementrian Agama bersama beberapa Perguruan Tinggi di seluruh wilayah Indonesia

Lanjutnya, di samping sebagai lembaga yang berfungsi melakukan edukasi, sosialisasi jaminan produk halal. Umla memberikan layanan masyarakat dalam proses usulan seritifikasi produk halal. Melalui pendampingan UMKM, juga difungsikan sebagai pusat riset dalam pengembangan di bidang halal.

“Dengan dukungan laboratorium halal, Umla juga siap menerima pengujian sampel dari produk industri makanan”, pungkasnya (Fathurrahim Syuhadi/SM)

sumber berita dari infomu.co

Related Articles

Leave a Comment