Menu

Mode Gelap
Menteri PPPA Apresiasi Hunian Darurat Yang Di Bikin Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur

Muhammadiyah or id WIB

Kader Hijau Muhammadiyah Bakal Gelar Aksi Ramadan Seru, Bersama Merawat Bumi


 Kader Hijau Muhammadiyah Bakal Gelar Aksi Ramadan Seru, Bersama Merawat Bumi Perbesar

#

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA– Kader Hijau Muhammadiyah (KHM) dan Warga Muhammadiyah Nanggulan akan menggelar aksi Ramadhan for Earth di Komplek Agribisnis Muhammadiyah Nanggulan, Kulonprogo, DI. Yogyakarta, Kamis-Jum’at (21-22/4/22).

Aksi yang bertajuk “Ramadhan For Earth: Ramadhan Seru, Bersama Merawat Bumi di Bulan yang Suci” tersebut diikuti selain oleh KHM dan Lembaga kesejahteraan Anak Panti Asuhan (LKSA PA) Muhammadiyah Nanggulan juga berkooperasi dengan sejumlah gerakan lingkungan, seperti, Greenpeace Indonesia, Ummah For Earth Project, Greenfaith, Disaster Management Center (DMC), Dompet Dhuafa, dan Bringin.

Kooperasi ini tidak hanya sebagai bentuk refleksi atas peringatan hari bumi yang jatuh pada hari Jum’at, 22 April 2022 yang bertepatan pada bulan Ramadhan 1433 H, melainkan juga sebagai bentuk refleksi dalam menjaga dan melestarikan bumi agar tetap lestari yang sejalan dengan semangat Islam rahmatan lil ‘alamin.

Berbagai kegiatan akan kami lakukan, seperti, 1) Praktik permakultur; 2) Penanaman Bibit; 3) Komposting/Pembuatan Pupuk Organik; 4) Kajian 40 Hadits Hijau; dan 5) Khutbah Hijau.

Dalam pelaksanaannya, masyarakat lokal juga akan terlibat aktif dalam kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, di antaranya, 1) Remaja Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan Kulonprogo; 2) Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Nanggulan; dan 3) Warga Kulonprogo sekitar Panti Asuhan.

Lokasi ini memiliki aktivitas Agribisnis yang strategis untuk menjadi lahan edukasi masyarakat lokal, seperti: budidaya ikan lele, hidroponik, padi, tebu, lidah buaya, dan pepaya.

Namun, dikarenakan luasnya area yang dimiliki, masih terdapat sejumlah titik yang masih belum menjadi lahan produktif. Selain itu, minimnya partisipasi dari warga masyarakat lokal dalam kegiatan Agribisnis tersebut juga turut menjadi dorongan kami dalam berkooperasi dengan berbagai komunitas yang mendorong kampanye kelestarian lingkungan.

Mengenai aksi ini, Ibu Fatimah, selaku perwakilan dari warga Muhammadiyah Nanggulan mengaku, bahwa perhatian kaum muda terhadap isu lingkungan adalah hal yang baik dan ia tunggu-tunggu. Keberpihakan anak muda ini juga didasari pada nilai-nilai teologis.

“Bagi kami, keterlibatan anak-anak muda untuk bertanam secara bersama di komplek Agribisnis kami adalah sebuah kegiatan yang kami tunggu-tunggu! Terlebih ada kajian tentang 40 hadits hijau. di kampung kami selama ini belum pernah ada kajian yang khusus bertema lingkungan. Ada sekitar 150 AMM Nanggulan yang siap meramaikan kegiatan ini,” terangnya di tengah diskusi dengan tim KHM pada saat melakukan observasi lahan aksi. (IP)

klik sumber berita ini

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

PCIM Pakistan adakan Gerakan Jumat Berkah bersama PPMI & PCINU

10 December 2022 - 00:16 WIB

SD Muhammadiyah Ini Terima Apresiasi Pendidikan Anti Korupsi dari KPK

9 December 2022 - 18:37 WIB

Sebelum Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Luar Negeri, Peserta MSPP Dibekali AIK melalui Baitul Arqam

9 December 2022 - 15:28 WIB

Selain Perlu Konstruksi Teologis, Moderasi Beragama Butuh Lebih Banyak Ruang Dialog

9 December 2022 - 12:00 WIB

Pergeseran Tata Kelola Program Lazismu dari Pendistribusian Menuju Pemberdayaan

9 December 2022 - 10:08 WIB

Haedar Desak Kepolisian Usut Tuntas Kasus Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

8 December 2022 - 22:46 WIB

Trending di Muhammadiyah or id