Home Muhammadiyah News Network Perang Bintang Ramaikan Ramadhan di SDMM | PWMU.CO

Perang Bintang Ramaikan Ramadhan di SDMM | PWMU.CO

by PWMU CO
Suasana aula dengan kegiatan Perang Bintang Ramaikan Ramadhan (Syafa’atul Ilmiah/PWMU.CO)

Perang Bintang Ramaikan Ramadhan di SDMM, Liputan Kontributor PWMU.CO Gresik Athiq Amiliyah.

PWMU.CO – Selasa (19/4/22) pagi, semua siswa kelas IV SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik menuju aula untuk mengikuti Perang Bintang.

Sebelumnya, guru kelas IV Sansiviera sekaligus Penanggung Jawab al-Islam dan Kemuhammadiyahan Ahmad Faizun SSos menuturkan, “Nanti kita akan ada kegiatan Perang Bintang di aula. Kalian membawa buku tulis dan membawa pensil saja!”

Breafing itu membuat Daniyal Barra Atharayhan bertanya, “Ustadz, apakah perang bintang nanti akan ada kegiatan tembak-tembakan?” Pernyataan Barra—panggilannya—sukses memecahkan tawa seisi kelas.

Maka, Faizun menjelaskan, meraka semua akan mengikuti lomba cerdas cermat alias lomba rangking I seperti yang tayang di televisi. Harapannya, kata Faizun, siswa saling berlomba mencari informasi lengkap materi pembelajaran. Khususnya materi al-Islam, kemuhammadiyahan, dan bahasa Arab yang sedang mereka pelajari.

Aturan Main

Setelah semua siswa berada di aula, Ketua Jenjang (Kanjeng) kelas IV Rika Maharani SPd bersama pengajar kelas IV lainnya menertibkan siswa. Siswa diminta duduk rapi menghadap ke panggung aula.

Guru kelas IV Aglonema yang akrab disapa Rika itu meminta semua siswa menuliskan huruf ‘B’ yang berarti benar dan ‘S’ yang berarti salah pada dua sisi halaman dalam buku tulis mereka. Dia juga menyampaikan peraturan permainan.

“Ketika pertanyaan sudah selesai dibacakan, maka siswa menjawab dengan menghadapkan sisi halaman buku yang bertuliskan ‘B’ atau ‘S’,” ujarnya.

Jawaban diletakkan di depan dada masing-masing siswa. Jika jawaban kurang tepat, maka siswa diminta mundur. Untuk yang menjawab tepat, siswa tersebut tetap duduk di posisinya.

Masing-masing jenis soal terbagi dalam tiga level. Mulai dari level 1 (soal-soal mudah), level 2 (soal-soal medium), dan level 3 (soal-soal High Order Thinking Skill atau kemampuan berpikir tinggkat tinggi). Ada 10 soal di setiap levelnya.

Tiga Putaran

Perang bintang pun di mulai. Satu per satu pertanyaan dibacakan berurutan dari soal bahasa Arab, kemuhammadiyahan, dan al-Islam.

Semua siswa fokus mendengarkan soal-soal bahasa Arab yang Syafa’atul Ilimiah SPd bacakan. Begitupula ketika Rika Maharani SPd membacakan soal Kemuhammadiyahan. Juga saat Ahmad Faizun membacakan soal al-Islam

Ekspresi anak-anak bermacam-macam saat guru mereka menyebutkan jawabannya. Ada yang mimik mukanya sedih saat jawabannya kurang tepat, ada juga yang teriak histeris jika benar jawabannya. Sedangkan mereka yang salah menjawab, segera mundur menuju sisi selatan aula.

Pertandingan Perang Bintang dilaksanakan tiga putaran. Putaran pertama dimenangkan Raquella Kanza Ramadhani kelas IV Aglonema. Quell—sapaan akrabnya—mengaku deg-degan selama prosesnya. Dia mengaku belajar mempersiapkan ini selama tiga hari.

Putaran kedua dimenangkan Maritza Athaya Hasan kelas IV Sansiviera. Ritza—sapaan akrabnya—sangat tidak menyangka dia jadi pemenang. Sedangkan putaran terakhir dimenangkan Bagas Wiratama Teguh Satrio kelas IV Anthurium.

“Saya kaget sekali ustadzah, dan tidak menyangka sama sekali. Saya mempersiapkan ini juga baru tadi pagi, tapi saya senang sekali bisa meraih juara dalam perlombaan ini,” tutur Bagas. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni/SN

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment