Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat Ini Lima Poin Keputusan Ini Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta 7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas 13 Besar Haedar Nashir Teratas

Muhammadiyah or id WIB

Tim Mobil UAD Sabet Juara Umum II di FESC IIMS 2022


 Tim Mobil UAD Sabet Juara Umum II di FESC IIMS 2022 Perbesar

#

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA– Tim mobil listrik Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Al Qarni Automotive Electrical, dengan mobil listrik yang dinamakan Ahmad Dahlan Electric Vehicle Generasi 1 (ADEV 01) berhasil berprestasi memperoleh juara umum II pada ajang kompetisi FESC IIMS 2022 di Jakarta.

Juara umum II tersebut diperoleh setelah berhasil mendapatkan peringkat kelima kategori akselerasi, peringkat ketiga kategori skidpad, serta peringkat ketiga kategori endurance dan efisiensi.

Ilham Eko Prakoso ketua tim mengatakan, ini merupakan kompetisi pertama yang diikuti oleh tim mobil listrik UAD yang juga merupakan satu-satunya peserta dari perguruan tinggi swasta dan Muhammadiyah.

“Walaupun demikian, tim mobil listrik UAD dapat bersaing dan tidak kalah dengan perguruan tinggi lain. Hal tersebut berkat kerja keras dan usaha seluruh anggota tim, ditambah dukungan dan doa dari segenap sivitas akademika UAD, sehingga kami dapat memperoleh gelar juara umum II dan mengharumkan nama UAD,” katanya.

Dalam siaran pers yang diterima muhammadiyah.or.id pada, Jumat (22/4), Eko Prakoso menjelaskan bahwa kompetisi ini dimanfaatkan mahasiswa UAD dalam mengembangkan dan riset teknologi terkait mobil listrik jenis Formula Electric.

Spesifikasi mobil listrik UAD, ADEV 01, memiliki tegangan 48-volt yang disuplai baterai aki kering 12-volt 4 buah dengan daya 40AH yang mampu berjalan sampai jarak 20 kilometer dengan kecepatan maksimal 40 km/jam.

“Serta sistem steering bersudut dirancang untuk dapat berbelok sekaligus berakselerasi. Mobil listrik didukung dengan mesin motor listrik 3KW dan pengendali 6KW,” imbuhnya.

Kompetisi yang dilaksanakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat tanggal 31 Maret–10 April 2022 dilaksanakan mulai dari pengecekan spesifikasi mobil, latihan, uji akselerasi, uji skidpad, uji endurance dan uji efisiensi, presentasi business plan, pameran, serta pengumuman juara.

Formula Electric Student Championship atau FESC adalah kompetisi mobil listrik formula yang diperuntukkan bagi mahasiswa di perguruan tinggi untuk dapat mengembangkan kreativitasnya dalam bidang otomotif khususnya mobil listrik.

FESC menjadi salah satu agenda kegiatan pada Indonesia International Motor Show (IIMS), yang merupakan pameran mobil dan motor terbesar di Indonesia. Ajang ini berupa kompetisi bergengsi yang dihadiri banyak pabrikan mobil dan motor, industri, dan tokoh-tokoh terkenal.

Perlu diketahui, selain UAD kompetisi ini juga diikuti oleh Universitas Negeri Yogyakarta, Politeknik Negeri Madiun, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Kalimantan, Institut teknologi PLN, Universitas Gadjah Mada, Politeknik TEDC Bandung, Universitas Riau, dan Universitas Negeri Malang.

klik sumber berita ini

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Dubes RI untuk Lebanon Mendorong Santri Mu’allimaat Menjadi Agen Kosmopolitan

26 November 2022 - 19:16 WIB

Bolehkah Dana Zakat Dialihkan untuk Korban Bencana?

26 November 2022 - 15:27 WIB

Madrasah yang sempat Menggunakan Dapur Rumah Kiai Dahlan sebagai Ruang Kelas, Kini Usianya Sudah 104 Tahun

26 November 2022 - 11:35 WIB

Sempurnakan Museum Muhammadiyah, MPI Saring Masukan dari Keluarga Tokoh-Tokoh Persyarikatan Generasi Awal

26 November 2022 - 11:32 WIB

Operasi SAR, Muhammadiyah Kerahkan Personil, Ambulan, Hingga Dirikan Dapur Umum Khusus

25 November 2022 - 21:29 WIB

Muktamar Jama Qashar dan Khidmatnya Pembahasan Materi Muktamar 48 Muhammadiyah

25 November 2022 - 20:49 WIB

Trending di Muhammadiyah or id