Menu

Mode Gelap
Menteri PPPA Apresiasi Hunian Darurat Yang Di Bikin Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur

Muhammadiyah News Network WIB

Universitas Muhammadiyah Ini Buka Program Menarik, Jenjang S1 Cuma 2 Tahun


 Universitas Muhammadiyah Ini Buka Program Menarik, Jenjang S1 Cuma 2 Tahun Perbesar

#

Purwokerto, InfoMu.co – Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), resmi membuka program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang bisa mempersingkat waktu belajar S1 menjadi 2 tahun.

RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, non-formal, informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. Program RPL ini menjadikan waktu tempuh jenjang strata 1 (S1) yang harusnya 4 tahun, bisa ditempuh dalam waktu 2 tahun.

Ketua Prodi Agroteknologi FPP UMP, Teguh Pribadi menjelaskan melalui pendekatan RPL ini, pengalaman kerja, pendidikan formal atau Pendidikan nonformal nantinya jenjang S1 Prodi  Agroteknologi yang seharusnya ditempuh dalam waktu 4 tahun, hanya akan selesai dalam masa 2 tahun saja.

“Program ini kami telah memperoleh izin dari Kemendikbud. Sehingga memiliki ijazah yang sudah diakui oleh PD DIKTI. Dengan terintegrasi antara tugas sebagai PPPK Penyuluh dengan kegiatan pembelajaran,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima muhammadiyah.or.id pada (21/4).

Menurutnya, semua yang sudah dicapai dapat diakui sebagai kredit, termasuk ketika sudah bekerja maka pengalamannya dapat diakui sebagai kredit, sehingga ketika masuk kembali ke pendidikan formal, capaian dan kredit tersebut dapat diakui sehingga tidak perlu lagi mengulang dari awal.

“Calon mahasiswa tidak perlu mengambil seluruh SKS pada program studi yang diminati, serta akan diberikan bantuan subsidi biaya kuliah selama satu semester guna memperoleh kredit akademik melalui RPL,” ucapnya.

Program tersebut merupakan upaya pemerintah mendorong perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan atau akses kepada masyarakat selaku calon mahasiswa. Program ini juga nantinya dapat memberi kesempatan kepada perguruan tinggi untuk menyelenggarakan RPL guna peningkatan akses mengikuti pendidikan tinggi bagi masyarakat melalui RPL. (muhammadiyah.or.id)

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

SD Muh 1 Surakarta Terima Apresiasi Pendidikan Antikorupsi (PAK) dari KPK – Muriamu.ID

10 December 2022 - 10:33 WIB

Mewaspadai Penyakit Musim Hujan – bandungmu.com

10 December 2022 - 10:31 WIB

Tingkatkan Wawasan & Pengalaman Mahasiswa, Prodi Administrasi Publik UM Bandung Kunjungi Kementerian PANRB

10 December 2022 - 06:30 WIB

Mohammad Natsir dan Tiga Gurunya yang Inspiratif

10 December 2022 - 02:27 WIB

Cetak Gol ke Gawang Persik, Ini Komentar Febri Hariyadi

9 December 2022 - 22:26 WIB

UM Bandung Siap Gelar Wisuda, Tokoh Ini Akan Sampaikan Orasi Ilmiah

9 December 2022 - 18:24 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network