Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat Ini Lima Poin Keputusan Ini Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta 7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas 13 Besar Haedar Nashir Teratas

Muhammadiyah News Network WIB

‘Aisyiyah Terus Kuatkan Tradisi Keilmuan


 ‘Aisyiyah Terus Kuatkan Tradisi Keilmuan Perbesar

#

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Perhatian dan pandangan ‘Aisyiyah terkait pentingnya IPTEK dan kemanusiaan merupakan agenda strategis ‘Aisyiyah abad kedua yang telah dirumuskan dalam pokok pikiran abad kedua dengan agenda Gerakan Keilmuan.

Begitu ditegaskan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini pada pengarahannya dalam Pengajian Ramadan 1443 H PP ‘Aisyiyah.

Noordjannah melanjutkan gerakan keilmuan dan pemikiran bagi ‘Aisyiyah memiliki landasan kuat pada ajaran Islam dan budaya Persyarikatan. Ia juga menyampaikan Islam sendiri akan mengangkat derajat orang beriman dan berilmu ke tangga yang tinggi. Hal itu sebagaimana tercetus dalam surat al-Mujadalah (58:11).

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.”

Sebagai seorang muslim, memiliki kebiasaan dan kemampuan iqra untuk berpikir dengan akal pikiran dan mengkaji ayat-ayat al Qur’an maupun ayat-ayat Kauniyah dirasa Noordjannah harus dilakukan. Maka tradisi keilmuan masyarakat khususnya umat Islam penting untuk terus dimajukan.

Warga persyarikatan, menurutnya, harus terus memperkuat dan mengembangkan tradisi iqra terutama menghadapi kehidupan era digital dan media sosial.

“Melalui gerakan literasi, warga ‘Aisyiyah bersama umat dan masyarakat mampu menjadi jamaah yang cerdas berilmu dalam memanfaatkan teknologi digital dan media sosial sekaligus berkeadaban dan mampu mengembangkan keadaan publik dalam kehidupan bersama,” kata dia.

Tradisi keilmuan juga terus dilakukan ‘Aisyiyah. ‘Aisyiyah sebagai organisasi yang telah memasuki usia di abad kedua turut berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa melalui dakwah pendidikan.Melalui amal usaha pendidikan yang tersebar dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi adalah bukti nyata kontribusi ‘Aisyiyah dalam menghadirkan peradaban yang berbasis iman, ilmu, dan amal.

“Melalui pendidikan dan pembudayaan IPTEK dalam perspektif Islam Berkemajuan maka ‘Aisyiyah hadir sebagai gerakan dakwah dan tajdid di era modern untuk membangun kemanusiaan universal atau kemanusiaan semesta yang berkeadaban mulia,” jelasnya.

sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pesan Haedar Nashir Menjelang Pesta Demokrasi 2024

26 November 2022 - 19:39 WIB

Dubes RI untuk Lebanon Mendorong Santri Mu’allimaat Menjadi Agen Kosmopolitan

26 November 2022 - 19:16 WIB

Pemko Banda Aceh Lakukan Diseminasi Audit Kasus Stunting

26 November 2022 - 17:38 WIB

Ikut meriahkan HUT SMP 2 Nalumsari, stand teknologi smkmuhikudus tarik antusias pengunjung – Muriamu.ID

26 November 2022 - 16:55 WIB

Kisah Pak AR Ketika Jadi Imam Salat Tarawih di Tebuireng

26 November 2022 - 16:54 WIB

Fikti UMSU Tuan Rumah Devfast 2022 Diikuti 400 developer dan Mahasiswa IT

26 November 2022 - 15:37 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network