Menu

Mode Gelap
Digelar Sebentar Lagi, Ketua PWM Jabar Ajak Warga Muhammadiyah Dukung dan Sukseskan OlympicAD VII Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus Rekomendasi Jasa Pembuatan Hardbox di Bandung

Muhammadiyah News Network WIB

Menuju Kedaulatan Ekonomi, Indonesia Perlu Amalkan Lima Karakteristik Rumusan Ini


 Menuju Kedaulatan Ekonomi, Indonesia Perlu Amalkan Lima Karakteristik Rumusan Ini Perbesar

 

Kaltim, InfoMu.co – Kedaulatan ekonomi suatu negara menjadi penentu apakah negara itu bisa berjalan ke arah kesejahteraan atau tidak. Akan tetapi, kedaulatan itu sangat bergantung pada model perekonomian yang digunakan.

Demikian ungkap ekonom senior Institute for Development in Economy and Finance (INDEF), Muhammad Fadhil Hasan dalam Seminar Pra Muktamar Muhammadiyah bertajuk ‘Menjaga Kedaulatan NKRI’, Kamis (21/4).

“Pengaturan ekonomi di Indonesia adalah mix economy, social market economy. Tidak hanya mengandalkan kekuatan pasar, tapi sangat mengandalkan peranan negara,” ujarnya. Sebagai contoh, hal ini dapat dibuktikan dalam penjelasan Undang-Undang Pasal 33 ayat 1-5, Pasal 34 ayat 1-4, Pasal 28 d ayat 1-4, dan Pasal 28 H ayat 1-4.

Merujuk pada sejarah, founding father Republik Indonesia, Moh. Hatta mewariskan sistem ekonomi yang bercirikan gotong royong. Hal inilah yang menurut Fadhil perlu ditekankan untuk memperjuangkan kedaulatan ekonomi nasional.

Selain itu, Indonesia dirasa perlu untuk melakukan lima karakteristik rumusan model perekonomian seperti 1) efisien, terbuka dan berdaya saing, 2) peran pemerintah dalam distribusi kesejahteraan yang lebih adil lewat instrumen pajak belanja, pendidikan dan kesehatan masyarakat.

3) Pemerataan antar sektor wilayah dan kelompok masyarakat, 4) adanya partisipasi masyarakat luas dalam perekonomian di mana masyarakat memiliki akses yang setara, dan 5) perekonomian harus dibangun berbasis iptek dan memiliki produktivitas tinggi.

“Saya kira kalau kita bisa merumuskan ini, maka jadi kebijakan yang lebih konkrit dan terukur dan dijalankan, saya kira kita mampu memiliki kedaulatan ekonomi dan kita bisa memanfaatkan maksimal proses globalisasi dunia ini,” usulnya. (afn/Muhammadiyah.or.id)

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Digelar Sebentar Lagi, Ketua PWM Jabar Ajak Warga Muhammadiyah Dukung dan Sukseskan OlympicAD VII

29 February 2024 - 02:44 WIB

Tiga Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung Resmi Dilantik

29 February 2024 - 01:24 WIB

Pemilu Berjalan Sukses, PWPM Jateng Imbau Seluruh Pihak untuk Membawa Narasi Damai

28 February 2024 - 22:42 WIB

Ketua PWM Ajak Warga Muhammadiyah se-Jawa Barat Untuk Sukseskan OlympicAD VII di Bandung

28 February 2024 - 21:23 WIB

Cara Jualan Live TikTok Agar Banyak Pembeli

28 February 2024 - 18:40 WIB

Resmi Dilantik, Rektor UM Bandung Minta Para Warek Terus Lakukan Peningkatan Kualitas dan Transformasi Kampus

28 February 2024 - 14:38 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network