Menu

Mode Gelap
Menteri PPPA Apresiasi Hunian Darurat Yang Di Bikin Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur

Muhammadiyah News Network WIB

Siswa SMAMX Ikut Baitul Arqam di Muhiba, Dapat Kejutan | PWMU.CO


 Siswa SMAMX Ikut Baitul Arqam di Muhiba, Dapat Kejutan | PWMU.CO Perbesar

Siswa SMAMX
Siswa dan guru SMAMX mendapat sertifikat Baitul Arqam SMA Muhiba. (AF Roziqi/PWMU.CO)

PWMU.CO– Siswa SMAMX (SMA Muhammadiyah X Genteng Surabaya) mengikuti Baitul Arqam di SMA Muhammadiyah 1 Babat atau SMA Muhiba Lamongan.

#

Ada enam peserta dari SMAMX Surabaya terdiri lima siswa dan satu guru pendamping. Acara dilaksanakan mulai Senin (18/4/2022) hingga Ahad (24/4/2022).

Siswa SMAMX Reva Aurellia, ketua kelompok peserta tamu mengungkapkan, senang mengikuti acara ini. Dia melihat ada hal yang berbeda kegiatan Ramadhan di SMA Muhammadiyah 1 Babat ini dengan sekolahnya.

”Ramadhan di sini sangat berbeda dengan di sekolah kami. Ini sebagai culture shock. Di sini siswa lebih disiplin dan terbuka. Gampang berbaur. Jadinya teman-teman siswa SMAMX merasa disambut dengan baik,” kata Reva.

Menurut dia, anak putra mudah mematuhi aturan. Dia dan temannya juga belajar banyak apalagi dari ketua kelas Baitul Arqam si Ibrahim yang sangat tegas dan bisa diandalkan.

Testimoni juga disampaikan guru pendamping tamu yaitu Ibu Titania. ”Kehadiran kami di SMA Muhiba tujuannya mendapatkan ilmu dan suasana baru yang bisa diaplikasikan di SMAM X Surabaya,” katanya.

Dia berharap bisa mengenal karakter dan potensi siswa SMA Muhiba. Ternyata kegiatan Baitul Arqam di sini menginspirasi.

”Setelah tiga hari di sini kami menyimpulkan antusias siswa SMA Muhammadiyah 1 Babat ini luar biasa. Semua session terasa hidup. Peserta yang tampil sebagai petugas kultum, moderator, notulen maupun yang tampil di pentas seni islami benar-benar siap, luar biasa Muhiba,” tandasnya.

Kaderisasi dan Dakwah

Kepala SMA Muhiba Agus Al Chusairi menyampaikan, acara Ramadhan tahun 2022 ada dua tujuan. Kegiatan perkaderan dan gerakan dakwah.

”Gerakan perkaderan kami adakan Baitul dan Darul Arqam yang wajib diikuti oleh semua siswa,” katanya.

Ada juga Ramadhan Muh1ba Camp (MRC) yaitu kegiatan yang dilaksanakan oleh IPM SMA Muhiba di PRM Patihan.

Kegiatan dakwah berupa Safari Ramadhan dengan menugaskan beberapa siswa menjadi imam tarawih dan kultumnya di PRM.

Ada pula Grebek Masjid yang dilaksanakan oleh Dewan Amaliah Hizbul Wathan SMA Muhiba. Mendatangi masjid yang anggota Muhammadiyahnya sedikit.

”Peserta melakukan bakti sosial bersih-bersih masjid, kajian petang, buka bersama, imam tarawih sekaligus kultum. Juga mengadakan sahur bersama anak-anak di sana,” jelas Agus Al Chusairi.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Aminulloh Fatkhur Roziqi sekaligus Ketua Baitul dan Darul Arqam menambahkan, Baitul Arqam diikuti oleh Kelas X  selama tiga hari mulai Senin hingga Rabu. Hari Selasa mereka bermalam.

arul Arqom diikuti oleh siswa Kelas XI mulai hari Kamis sampai Ahad. Hari Sabtu para siswa bermalam.

Materi yang diberikan cara wudhu dan shalat sesuai HPT, Tajwid dan Tahsin Al-Quran, Adab Tholabul Ilmi, Puasa Berkualitas, Merawat Jenazah, Kesyirikan di Masa Kini, Teladan Rasulullah, Muhammadiyah dan Sains, Mengenal Perbedaan Pendapat dalam Fiqih, dan Manasik Haji.

Penulis Roziqi  Editor Sugeng Purwanto

sumber berita by [pwmu.co]

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

SD Muh 1 Surakarta Terima Apresiasi Pendidikan Antikorupsi (PAK) dari KPK – Muriamu.ID

10 December 2022 - 10:33 WIB

Mewaspadai Penyakit Musim Hujan – bandungmu.com

10 December 2022 - 10:31 WIB

Tingkatkan Wawasan & Pengalaman Mahasiswa, Prodi Administrasi Publik UM Bandung Kunjungi Kementerian PANRB

10 December 2022 - 06:30 WIB

Mohammad Natsir dan Tiga Gurunya yang Inspiratif

10 December 2022 - 02:27 WIB

Cetak Gol ke Gawang Persik, Ini Komentar Febri Hariyadi

9 December 2022 - 22:26 WIB

UM Bandung Siap Gelar Wisuda, Tokoh Ini Akan Sampaikan Orasi Ilmiah

9 December 2022 - 18:24 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network