Home Muhammadiyah News Network Lebaran Jatuh Pada 2 Mei 2022, Berikut Menu Masakan Khas Idulfitri

Lebaran Jatuh Pada 2 Mei 2022, Berikut Menu Masakan Khas Idulfitri

by Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA—Persyarikatan Muhammadiyah yang telah mengeluarkan keputusan hari lebaran di jauh-jauh hari dengan menggunakan metode hisab. Berdasarkan metode wujudul hilal, Muhammadiyah memutuskan bahwa 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin, 2 Mei 2022 M.

Jadi, bapak atau ibu tidak perlu risau untuk mempersiapkan hal-hal apa saja untuk menyambut lebaran. Selain gema takbir dan saling memaafkan, merayakan hari lebaran tidak sempurna jika tanpa dilengkapi menu masakan spesial lebaran. Berikut makanan khas yang biasa ditemui saat hari raya Idulfitri.

1. Ketupat

Ketupat menjadi simbol paling ikonik dalam menyambut hari raya. Dalam acara syawalan di berbagai tempat, ketupat selalu dihidangkan bagi tamu yang berkunjung ke rumah. Makanan ini berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda. 

2. Opor Ayam

Di Indonesia, ketupat biasa dimakan bersama dengan opor ayam. Makanan ini berbahan dasar ayam yang dibumbui dengan kuah santan. Ada banyak ragam opor ayam, biasanya beda wilayah beda pula campuran pelengkapnya. Intinya, makan opor ayam bersama keluarga akan menambah kehangatan suasana pada Hari Raya.

3. Lontong Sayur

Lontong sayur dapat menjadi pilihan saat membuat menu ketupat lebaran. Makanan pendamping wajibnya adalah sambal teri kacang, tauco udang, telur balado, ayam goreng atau rendang. Akan tambah nikmat bila ditaburi dengan emping melinjo atau serundeng.

4. Kari Daging Sapi

Kari daging sapi biasanya dinikmati pada hari raya Idul Adha. Namun tidak jarang juga disantap pada hari Idul Fitri. Terutama selepas salat Id, menu dengan bumbu-bumbu yang kaya rempah ini sangat cocok disajikan di meja makan bersama keluarga.

5. Telur Balado

Proses pembuatan telur balado cukup sedeharhan. Tak heran bila makanan satu ini bukan hanya jadi menu untuk berbuka puasa, tapi juga cocok dihidangkan saat lebaran Idul Fitri. Apalagi jika disantap dengan nasi hangat, suasana lebaran akan tambah meriah.

6. Sambal Goreng Kentang

Menggunakan bahan dasar kentang, sambal goreng kentang ini sudah jadi lauk pendamping nasi yang bikin kenyang. Meski biasa disajikan sebagai menu harian yang menggugah selera, namun jika disantap bersama keluarga selepas salat Id, dijamin akan merasakan euforia yang berbeda. Dijamin nikmat!

7. Sambal Goreng Ati

Setiap lebaran IdulFitri tiba, sambal goreng ati menjadi salah satu menu wajib di meja makan. Sebagai jenis makanan yang mudah ditemui, menyantap sambal goreng ati di hari raya akan menambah kenikmatan yang berbeda dibanding hari-hari biasanya.

Itulah rekomendasi masakan di hari raya IdulFitri. Karena tanggal 1 Syawal 1443 H bertepatan dengan 2 Mei 2022, bapak dan ibu tidak perlu menunggu-nunggu kapan datangnya hilal untuk mulai memasak menyambut momen lebaran. ilmu pengetahuan telah memberikan kepastian kapan hilal itu akan muncul, sekalipun untuk 100 tahun yang akan datang.

sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

Related Articles

Leave a Comment