Menu

Mode Gelap
PKM Center UM Bandung Gelar Dikusi Kiat Sukses Pendanaan PPK Ormawa Ruang Tanpa Nama, Buku yang Membawamu pada Kondisi Suwung Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Dorong Umat Islam Terlibat Aktif Membangun Peradaban Atasi Minimnya Informasi dari Lapangan, Relawan Kebencanaan Muhammadiyah Dibekali Keterampilan Jurnalistik Meriahnya MOTEKART Prodi PIAUD UM Bandung Suguhkan Berbagai Tampilan Mahasiswa Dengan Kostum Unik

Muhammadiyah News Network WIB

Jamu Dubes Selandia Baru, Muhammadiyah Siap Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Pendidikan dan Kesehatan


 Jamu Dubes Selandia Baru, Muhammadiyah Siap Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Pendidikan dan Kesehatan Perbesar

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjamu kunjungan silaturahmi Duta Besar New Zealand (Selandia Baru), Kevin Burnett di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Senin (25/4).

Kevin disambut langsung oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

Sementara itu Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni, dan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto hadir melalui teleconference.

Mengawali sambutan, Haedar Nashir menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap Selandia Baru yang dianggap berhasil membangun nilai-nilai demokrasi, penghargaan Hak Asasi Manusia dan pluralisme dalam tataran masyarakat sipil dengan sangat baik.

Hal ini kata Haedar nampak pada sikap tegas pemerintah dan rakyat Selandia Baru dalam melawan Islamophobia sebagaimana nampak pasca tragedi penyerangan Masjid Christchurch pada 2019 lalu yang mengakibatkan 40 jamaah meninggal dunia.

“Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang punya pandangan progresif yang memandang bahwa demokrasi, HAM, civil society, dan peradaban bangsa adalah bagian penting dari pandangan Islam. Tapi kita saat ini perlu saling menghargai nilai-nilai etik dan peradaban agar kehidupan antar bangsa dan negara itu saling respek dan membawa dunia ini makin maju dan sejahtera,” ucapnya.

Sebagai gerakan sosial keagamaan, Muhammadiyah kata Haedar berkomitmen kuat untuk menjadikan puluhan ribu lembaga pendidikan yang dimilikinya sebagai tempat internalisasi nilai-nilai agama dan Hak Asasi Manusia.

Karenanya, dia berharap penguatan kerja sama antara Muhammadiyah dengan Selandia Baru di bidang pendidikan dan kesehatan.

Terakhir, Haedar menyampaikan bahwa Muhammadyah berharap hubungan bilateral antara Indonesia dengan Selandia Baru dan negara-negara Pasifik juga semakin erat.

“Keempat kami berharap New Zealand sebagai salah satu negara di Pasifik dapat menjadi mitra yang terus menjalin hubungan antar bangsa di mana kita di wilayah timur memerlukan kerjasama saling terpercaya membawa kemajuan. Dan lebih dari itu kita bisa meningkatkan usaha-usaha untuk berperan dalam perdamaian dunia yang bebas dari perang, bebas dari agresi dan segala bentuk yang merugikan bangsa-bangsa lain termasuk dalam hal ini soal isu Palestina,” ujarnya.

Menjawab Haedar, Dubes Kevin Burnett menyatakan siap bekerja sama lebih lanjut dengan Muhammadiyah. Apalagi, dirinya mengakui telah mengetahui peranan Muhammadiyah dalam membangun masyarakat sipil dan penghargaan pada Hak Asasi Manusia.

“Di masa mendatang, Indonesia akan menjadi negara besar yang selalu kami pandang,” pungkasnya. (afn)

sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

PKM Center UM Bandung Gelar Dikusi Kiat Sukses Pendanaan PPK Ormawa

20 February 2024 - 17:45 WIB

Majelis Kesehatan dan LLHPB Kab Magelang Gelar Tri Wulan Bersama – Muriamu.ID

20 February 2024 - 16:32 WIB

Catatan Abdul Mu’ti untuk Penyelenggaraan Pemilu 2024

20 February 2024 - 16:05 WIB

Haedar Nashir Resmikan Masjid Ibnu Sina RSU Muhammadiyah Ponorogo

20 February 2024 - 14:48 WIB

Ruang Tanpa Nama, Buku yang Membawamu pada Kondisi Suwung

20 February 2024 - 13:44 WIB

Munas Tarjih ke-32 di Pekalongan: Forum Ijtihad Jama’i untuk Pengembangan Pemikiran Keagamaan

20 February 2024 - 12:50 WIB

Trending di Muhammadiyah or id