Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat Ini Lima Poin Keputusan Ini Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta 7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas 13 Besar Haedar Nashir Teratas

Muhammadiyah News Network WIB

Baksos Enam Desa Digelar Pemuda Muhammadiyah Asembagus | PWMU.CO


 Baksos Enam Desa Digelar Pemuda Muhammadiyah Asembagus | PWMU.CO Perbesar

Baksos Enam Desa Digelar Pemuda Muhammadiyah Asembagus, liputan kontributor PWMU.CO Kabupaten Situbondo Asiyah Jamil.
Baksos Enam Desa Digelar Pemuda Muhammadiyah Asembagus (Abdullah/PWMU.CO)

Baksos Enam Desa Digelar Pemuda Muhammadiyah Asembagus, liputan kontributor PWMU.CO Kabupaten Situbondo Asiyah Jamil.

#

PWMU.CO – Pemuda Muhammadiyah Asembagus raih berkah ramadhan dengan menggelar bakti sosial (baksos) yang dilaksanakan pada Ahad (24/04/2022).

Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Asembagus Arif Rahman Hakim menyampaikan kita sebagai umat Islam memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu atau memberikan manfaat terhadap sesama. Bakti sosial merupakan suatu kegiatan sebagai wujud rasa kepedulian dan kemanusiaan terhadap sesama terutama fakir miskin.

“Hal yang melatarbelakangi Pemuda Muhammadiyah mengadakan bakti sosial adalah sebuah hadist Nabi yang menyatakan sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain (H.R. Bukhari). Percuma seseorang berilmu dan memiliki harta melimpah namun dia tidak dapat bermanfaat bagi orang lain. Dia termasuk orang yang merugi karena hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri,” ungkapnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan bakti sosial ini kami dapat meringankan beban perekonomian fakir miskin di tengah maraknya kenaikan harga sembako yang begitu melejit. Ada kepuasan tersendiri di hati kami pada saat memberikan bantuan kepada fakir miskin, disambut dengan senyum mereka yang merekah,” imbuhnya.

Penyaluran Dua Sesi

Ketua Panitia Baksos PCPM Asembagus Abdullah Hidayat mengatakan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pemuda Muhammadiyah kembali menggelar bakti sosial di bulan ramadhan yang penuh berkah ini sesuai dengan program tahunan yang telah direncanakan. Ada sekitar 30 Pemuda Muhammadiyah yang terjun langsung dalam kegiatan bakti sosial tersebut.

“Lokasi penyaluran sumbangan ke enam titik. Yaitu Desa Awar-Awar, Perante, Trigonco, Kedunglo dan Asembagus. Ditambah Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji. Ada penanggung jawab di setiap titik lokasi untuk mendata fakir miskin yang menjadi sasaran pemberian paket sembako. Jumlah penerima paket sembako di setiap desa sebagai berikut 5 orang Trigonco, 2 orang Mimbaan, 17 orang Asembagus, 15 orang Perante, 5 orang Kedunglo dan 203 orang Awar-awar,” paparnya.

Penyaluran sembako, sambungnya, dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 – 11.00 wib dengan target lokasi yaitu Perante, Asembagus, Mimbaan, Trigonco dan Kedunglo. Sedangkan sesi kedua dimulai pukul 12.30 wib sampai selesai (menjelang buka puasa) dengan target lokasi yaitu Awar-Awar.

“Persiapan kegiatan dimulai sejak tanggal 1 April 2022 (H-24 dari pelaksanaan). Jika dibandingkan dengan tahun lalu, maka waktu persiapan lebih lama tahun ini karena bertambahnya jumlah paket sembako yang akan diberikan kepada fakir miskin,” jelasnya.

Bagikan 247 Paket Sembako

Bendahara Kegiatan Baksos Feri Ferdiyono menyampaikan panitia baksos rencana awal menargetkan 200 paket sembako, dengan membutuhkan dana sekitar Rp. 13.800.000,-. Rincian anggaran sementara yang akan disumbangkan  beras 3 kg, gula 1 kg, mie instan 3 bungkus dan telur setengah kilo. Jumlah dana per paket Rp. 69.000,-.

“Qodarullah, manusia hanya bisa berencana namun ketetapan ada di tangan Allah. Alhamdulillah kami dapat membagikan sembako lebih dari target. Total donasi yang digunakan yaitu sebesar Rp. 13.779.000 dan mie instan 1 dos. Donasi yang terkumpul sesuai target, tetapi pada saat pelaksanaan kami dapat membagikan sembako sebanyak 247 bungkus. Hal ini dikarenakan kami mendapatkan potongan harga saat berbelanja di toko sembako. Jadi sisa uang yang ada kami belanjakan sembako lagi,” terangnya.

“Syukron jazaakumullah khayran katsir kepada para donatur yang dengan ikhlas menyumbangkan rezekinya untuk acara kami ini. Tanpa uluran tangan dari para donatur acara baksos tidak akan berjalan dengan lancar. Semoga di tahun-tahun berikutnya para donatur tetap mempercayai PCPM Asembagus sebagai perantara mereka untuk beramal jariyah. Amin ya robbal alamin,” tuturnya. (*)

Co-Editor Sugiran. Editor Mohammad Nurfatoni.

sumber berita by [pwmu.co]

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pesan Haedar Nashir Menjelang Pesta Demokrasi 2024

26 November 2022 - 19:39 WIB

Pemko Banda Aceh Lakukan Diseminasi Audit Kasus Stunting

26 November 2022 - 17:38 WIB

Ikut meriahkan HUT SMP 2 Nalumsari, stand teknologi smkmuhikudus tarik antusias pengunjung – Muriamu.ID

26 November 2022 - 16:55 WIB

Kisah Pak AR Ketika Jadi Imam Salat Tarawih di Tebuireng

26 November 2022 - 16:54 WIB

Fikti UMSU Tuan Rumah Devfast 2022 Diikuti 400 developer dan Mahasiswa IT

26 November 2022 - 15:37 WIB

Sore ini (26/11), MUI Sumatera Utara Bedah Buku “Membekali Ulama di Era Digital”

26 November 2022 - 13:36 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network