Menu

Mode Gelap
Menteri PPPA Apresiasi Hunian Darurat Yang Di Bikin Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur

Muhammadiyah News Network WIB

Menjadi Pribadi Muslim yang Khaira Ummah


 Menjadi Pribadi Muslim yang Khaira Ummah Perbesar

#

 

Lamongan, InfoMu.co – Menjadi Pribadi Muslim yang Khaira Ummah disampaikan oleh ketua Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan Ustadz Fathurrahim Syuhadi MM di Darul Arqam SMK Muhammadiyah 5 Babat (Muhlibat) pada Selasa (26/4/22).

Diawal Fathurrahim Syuhadi mengutip QS Ali Imron ayat 104 :

‎وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

“Khairunnas anfaahum linnas (orang terbaik) adalah orang yang memberi manfaat bagi orang lain, manfaat bagi keluarganya, manfaat bagi masyarakat, bagi bangsa dan negara, bahkan kemanusiaan,” ungkapnya.

Pak Rohim sapaan akrabnya mengatakan, dalam Al-Qur’an, umat Nabi Muhammad Saw. dijuluki umat terbaik ‘khaira ummah’ oleh Allah Swt.

Khaira ummah adalah umat yang memiliki sifat atau karakter cinta ilmu dan cinta profesi. Sebagaimana dalam ayat Al-Qur’an Surat Al-Alaq adalah iqra’ atau menyeru untuk membaca

Arta dari kata khaira memiliki banyak makna positif. Beberapa artinya adalah bercahaya, cahaya kebaikan, terpuji, serta mulia. Tak hanya diambil dari bahasa Arab, khaira juga termasuk dalam nama bayi perempuan Islami yang populer, Parents.

AllahSwt dengan tegas menyatakan bahwasanya umat Islam adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk umat manusia. Umat Islam menjadi umat terbaik karena mereka menyuruh agar mengerjakan kebajikan dan melarang kemunkaran. Mereka juga beriman kepada Allah dan juga taat kepada Rasulullah.

“Allah Swt akan menjulukinya sebagai Khaira Ummah bagi siapapun yang selalu ingin mengamalkan ilmu dan agama Islam. Allah Swt selalu mengampuni dosa siapapun orang orang itu. Manusia yang dijuluki sebagai Khaira Ummah, akan mendapatkan balasan yang baik disisi Allah,” kata Rohim.

Umat yang paling baik di dunia adalah umat yang mempunyai dua macam sifat, yaitu mengajak kebaikan serta mencegah kemungkaran, dan senantiasa beriman kepada Allah. Semua sifat itu telah dimiliki oleh kaum Muslimin pada masa Nabi Muhammad Saw dan telah menjadi darah daging dalam diri mereka karena itu mereka menjadi kuat dan jaya.

Kemudian, Rohim menambahkan empat kriteria menjadi Generasi Khaira Ummah sebagaimana yang pernah disampaikan Prof Haedar Nashir Kerua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah yakni :

Pertama, umat yang terbaik adalah orang-orang yang memiliki karakter akhlak karimah (akhlak mulia) yaitu baik, jujur, terpercaya, dan menjadi orang yang tau mana yang baik dan buruk.

Kedua, khaira ummah adalah umat yang memiliki sifat atau karakter cinta ilmu dan cinta profesi. Sebagaimana dalam ayat Al-Qur’an Surat Al-Alaq adalah iqra’ atau menyeru untuk membaca mempunyai tradisi literasi.

Ketiga, orang yang memiliki manfaat dalam kehidupannya. Khairunnas anfaahum linnas, orang terbaik adalah orang yang memberi manfaat bagi orang lain, manfaat bagi keluarganya, manfaat bagi masyarakat, bagi bangsa dan negara, bahkan kemanusiaan

Keempat, umat yang terbaik adalah orang yang bermakna di dunia dan di akhirat. Karena bekal terbaik adalah amal sholeh dan jadilah generasi yang sholeh dan sholehah. (Alfain Jalaluddin Ramadlan/FRS/SM)

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tingkatkan Wawasan & Pengalaman Mahasiswa, Prodi Administrasi Publik UM Bandung Kunjungi Kementerian PANRB

10 December 2022 - 06:30 WIB

Mohammad Natsir dan Tiga Gurunya yang Inspiratif

10 December 2022 - 02:27 WIB

Cetak Gol ke Gawang Persik, Ini Komentar Febri Hariyadi

9 December 2022 - 22:26 WIB

UM Bandung Siap Gelar Wisuda, Tokoh Ini Akan Sampaikan Orasi Ilmiah

9 December 2022 - 18:24 WIB

Aisyiyah Terima Penghargaan BKKBN Atas Upaya Dan Peran Penurunan Stunting

9 December 2022 - 18:23 WIB

Asep Dayat dan Persib Bandung

9 December 2022 - 14:23 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network