Menu

Mode Gelap
Rekomendasi Jasa Pembuatan Hardbox di Bandung Talkshow PAI UM Bandung Beri Tips Seputar Pembentukan Karakter Siswa dan Guru Ketua PP Muhammadiyah Ajak Warga Persyarikatan Kembali Bersatu dan Solid Setelah Pemilu 2024 PWM Jawa Barat Komitmen Bangun Muhammadiyah Lebih Bermarwah, Berkemajuan, dan Berorientasi Masa Depan Muhammadiyah Jawa Barat Serukan Politik Tanpa SARA dan Hoaks

Muhammadiyah News Network WIB

Menjadi Pribadi Muslim yang Khaira Ummah


 Menjadi Pribadi Muslim yang Khaira Ummah Perbesar

 

Lamongan, InfoMu.co – Menjadi Pribadi Muslim yang Khaira Ummah disampaikan oleh ketua Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan Ustadz Fathurrahim Syuhadi MM di Darul Arqam SMK Muhammadiyah 5 Babat (Muhlibat) pada Selasa (26/4/22).

Diawal Fathurrahim Syuhadi mengutip QS Ali Imron ayat 104 :

‎وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

“Khairunnas anfaahum linnas (orang terbaik) adalah orang yang memberi manfaat bagi orang lain, manfaat bagi keluarganya, manfaat bagi masyarakat, bagi bangsa dan negara, bahkan kemanusiaan,” ungkapnya.

Pak Rohim sapaan akrabnya mengatakan, dalam Al-Qur’an, umat Nabi Muhammad Saw. dijuluki umat terbaik ‘khaira ummah’ oleh Allah Swt.

Khaira ummah adalah umat yang memiliki sifat atau karakter cinta ilmu dan cinta profesi. Sebagaimana dalam ayat Al-Qur’an Surat Al-Alaq adalah iqra’ atau menyeru untuk membaca

Arta dari kata khaira memiliki banyak makna positif. Beberapa artinya adalah bercahaya, cahaya kebaikan, terpuji, serta mulia. Tak hanya diambil dari bahasa Arab, khaira juga termasuk dalam nama bayi perempuan Islami yang populer, Parents.

AllahSwt dengan tegas menyatakan bahwasanya umat Islam adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk umat manusia. Umat Islam menjadi umat terbaik karena mereka menyuruh agar mengerjakan kebajikan dan melarang kemunkaran. Mereka juga beriman kepada Allah dan juga taat kepada Rasulullah.

“Allah Swt akan menjulukinya sebagai Khaira Ummah bagi siapapun yang selalu ingin mengamalkan ilmu dan agama Islam. Allah Swt selalu mengampuni dosa siapapun orang orang itu. Manusia yang dijuluki sebagai Khaira Ummah, akan mendapatkan balasan yang baik disisi Allah,” kata Rohim.

Umat yang paling baik di dunia adalah umat yang mempunyai dua macam sifat, yaitu mengajak kebaikan serta mencegah kemungkaran, dan senantiasa beriman kepada Allah. Semua sifat itu telah dimiliki oleh kaum Muslimin pada masa Nabi Muhammad Saw dan telah menjadi darah daging dalam diri mereka karena itu mereka menjadi kuat dan jaya.

Kemudian, Rohim menambahkan empat kriteria menjadi Generasi Khaira Ummah sebagaimana yang pernah disampaikan Prof Haedar Nashir Kerua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah yakni :

Pertama, umat yang terbaik adalah orang-orang yang memiliki karakter akhlak karimah (akhlak mulia) yaitu baik, jujur, terpercaya, dan menjadi orang yang tau mana yang baik dan buruk.

Kedua, khaira ummah adalah umat yang memiliki sifat atau karakter cinta ilmu dan cinta profesi. Sebagaimana dalam ayat Al-Qur’an Surat Al-Alaq adalah iqra’ atau menyeru untuk membaca mempunyai tradisi literasi.

Ketiga, orang yang memiliki manfaat dalam kehidupannya. Khairunnas anfaahum linnas, orang terbaik adalah orang yang memberi manfaat bagi orang lain, manfaat bagi keluarganya, manfaat bagi masyarakat, bagi bangsa dan negara, bahkan kemanusiaan

Keempat, umat yang terbaik adalah orang yang bermakna di dunia dan di akhirat. Karena bekal terbaik adalah amal sholeh dan jadilah generasi yang sholeh dan sholehah. (Alfain Jalaluddin Ramadlan/FRS/SM)

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Rekomendasi Jasa Pembuatan Hardbox di Bandung

27 February 2024 - 18:31 WIB

Talkshow PAI UM Bandung Beri Tips Seputar Pembentukan Karakter Siswa dan Guru

27 February 2024 - 10:28 WIB

Ketua PP Muhammadiyah Ajak Warga Persyarikatan Kembali Bersatu dan Solid Setelah Pemilu 2024

26 February 2024 - 22:25 WIB

PWM Jawa Barat Komitmen Bangun Muhammadiyah Lebih Bermarwah, Berkemajuan, dan Berorientasi Masa Depan

26 February 2024 - 18:24 WIB

Hidupkan Tradisi Literasi, IMM Shabran Terbitkan Buku ‘Simpul Romantika Ikatan’

26 February 2024 - 17:09 WIB

Peran Strategis Lembaga Keagamaan dalam Membangun Gerakan Masyarakat Tangguh Bencana

26 February 2024 - 13:08 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network