Home Muhammadiyah News Network Meski Berpuasa, Kepanduan Hizbu Wathan ini Gelar Kegiatan Out Door!

Meski Berpuasa, Kepanduan Hizbu Wathan ini Gelar Kegiatan Out Door!

by Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KOTA GEDE—Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Qobilah 060115 Pondok Pesantren Al-Amin diberi kepercayaan untuk mengisi pengajian anak-anak Al-Amin Bumen oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Bumen Kotagede.

Ramanda Hendri Nugroho selaku Ketua PRM Bumen mengatakan bahwa keterlibatan dan peran Hizbul Wathan di pengajian anak-anak ini dapat membuat warna tersendiri. Pelatihan pandu Athfal anak-anak Al-Amin Bumen ini dilaksanakan setiap hari Selasa selama bulan Ramadhan (05, 12, 19, 26/04) pada sore hari sebelum berbuka puasa.

Dari Qobilah ini mengirimkan empat kader penghela Taruna Melati 1 HW Al-Amin di antaranya Rakanda Ruri, Rakanda Irfan, Rakanda Rasdan, dan Rakanda Syahdan yang didampingi oleh Rakanda Arrizky Yogi Maulana selaku juru latih penghela HW Al-Amin. Kegiatan pertama yaitu pada Selasa (05/04) melakukan pembentukan kuntum dan permainan.

Kuntum adalah nama atau sebutan kelompok di dalam golongan Pandu HW Athfal. Sesuai metode kepanduan, pembentukan kuntum dilakukan dengan sistem Putra Putri terpisah.

Hari kedua (12/04) agenda pada pertemuan ini adalah lomba menggambar dan mewarnai yang bertemakan “Ramadan di Kampungku”.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk melatih kerjasama dan saling berbagi dalam satu kuntum tersebut untuk menciptakan sebuah karya.

Hari ketiga (19/04) diisi dengan bermain Game Ceria Athfal yang rutin diselenggarakan oleh Hizbul Wathan Kwartir Cabang Kotagede. Adapun cabang permainan yang dimainkan pada pertemuan kali ini adalah game ketangkasan di antaranya permainan ‘Arahkan Aku’, Kereta Api Buta, Estafet Karet, Jarum Raksasa, dan Hola-hop Berantai.

Hari terakhir (27/04) merupakan puncak kegiatan pelatihan pandu Athfal anak-anak Al-Amin Bumen yaitu Giat Jelajah Kampung dengan rute perjalanan di lingkungan Kampung Bumen. Dalam giat ini, setiap kuntum melakukan perjalanan dan menyelesaikan rintangan di setiap pos yang berisi quiz keagamaan.

Setelah salat maghrib, tak lupa dari pihak Kepanduan HW menyampaikan pesan dan kesan “Terimakasih kepada adik-adik pandu Athfal untuk semangatnya, keceriaannya, dan kegembiraannya selama kegiatan ini, semoga kita dapat bergiat kembali di waktu yang akan datang dan semoga adik-adik dapat menjadi pribadi yang sholeh, sholehah dan pemberani,” ujar Arrizky selaku juru latih penghela HW Al-Amin pada kesempatan tersebut.

sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

Related Articles

Leave a Comment