Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah kirim Dokter Spesialis Orthopedi Bantu Gempa Cianjur Akhirnya Mbah Nurlina Pulang Muktamar Naik Pesawat Ini Lima Poin Keputusan Ini Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta 7 Terpilih Siti Noordjannah Teratas 13 Besar Haedar Nashir Teratas

Muhammadiyah News Network WIB

Sekolah Kreatif Menganti Ajak Siswa Simulasi Shalat Idul Fitri | PWMU.CO


 Sekolah Kreatif Menganti Ajak Siswa Simulasi Shalat Idul Fitri | PWMU.CO Perbesar

Afzal Fazlulrahman Habibi bertugas sebagai imam simulasi shalat Idul Fitri.Sekolah Kreatif Menganti Ajak Siswa Simulasi Shalat Idul Fitri (Rawadan Reza/PWMU)

Sekolah Kreatif Menganti Ajak Siswa Simulasi Shalat Idul Fitri, liputan Ma’rifah Ramadhona, kontributor PWMU.CO Gresik.

#

PWMU.CO – Simulasi shalat Idul Fitri digelar di halaman depan SD Muhammadiyah 1 Menganti, Gresik, atau yang dikenal dengan Sekolah Kreatif Menganti, Rabu (27/4/2022).

Terpal orange telah dipasang untuk menyambut kedatangan siswa yang sudah siap melaksanakan simulasi shalat Idul Fitri. Simulasi dilaksanakan di bawah hangatnya sinar mentari pagi.

Udara pagi yang sejuk dengan diiringi kicau burung menambah khitmat dan merdu gema takbir tahmid dan tahlil yang dilantunkan siswa dari kelas I-VI.

Yang bertugas sebagai imam shalat Idul Fitri adalah Afzal Fazlulrahman Habibi, siswa kelas V. Sedangkan yang menjadi khatib ialah Oztaf Jazwarane Etroe, siswa kelas VI.

Khotbah yang disampaikan Oza, sapaan akrab sang khatib, adalah tentang kewajiban seorang anak dalam menghormati kedua orangtuanya. Dia juga mengajak teman-temannya untuk senantiasa mendoakan kedua orangtuanya.

Sementara itu Afzal, sang imam, mengaku lega setelah sebelumnya grogi. “Di awal tadi rasanya deg-degan, namun saat di rakaat kedua alhamdulillah sudah tenang menjadi imam,” ungkapnya.

Ramadhan yang Berbeda

Di bawah hangatnya sinar mentari pagi para siswa mengikuti simulasi ini dengan khitmat, tertib, dan tenang layaknya shalat Idul Fitri yang sesungguhnya. 

Ketua Panitia Moch. Farid Zainuddin SPdI, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar para siswa mengetahui tata cara shalat Idul Fitri yang benar. “Juga agar mereka mengetahui sunah-sunah yang wajib diketahui sebelum dan sesudah shalat Id,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini adalah rangkaian Ramadhan Ceria yang telah dilaksanakan sejak tanggal 11 April 2022 dan ditutup dengan simulasi shalat Idul Fitri.

“Hal ini membuat siswa siswi merasakan Ramadhan yang sangat berbeda. Setelah dua tahun pandemi Covid-19 yang membuat kegiatan Ramadhan harus dilaksanakan dengan cara daring,” ungkapnya. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni

sumber berita by [pwmu.co]

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pesan Haedar Nashir Menjelang Pesta Demokrasi 2024

26 November 2022 - 19:39 WIB

Pemko Banda Aceh Lakukan Diseminasi Audit Kasus Stunting

26 November 2022 - 17:38 WIB

Ikut meriahkan HUT SMP 2 Nalumsari, stand teknologi smkmuhikudus tarik antusias pengunjung – Muriamu.ID

26 November 2022 - 16:55 WIB

Kisah Pak AR Ketika Jadi Imam Salat Tarawih di Tebuireng

26 November 2022 - 16:54 WIB

Fikti UMSU Tuan Rumah Devfast 2022 Diikuti 400 developer dan Mahasiswa IT

26 November 2022 - 15:37 WIB

Sore ini (26/11), MUI Sumatera Utara Bedah Buku “Membekali Ulama di Era Digital”

26 November 2022 - 13:36 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network