Menu

Mode Gelap
Bangun Hunian Darurat, Warga Cianjur: Terima Kasih, Muhammadiyah! 50 Ribu Kaleng Sarden Lazismu Siap Kirim ke Korban Gempa Cianjur MDMC Kirim Tim Asesmen ke Semeru Muhammadiyah Bangun Hunian Darurat, Libatkan Warga Penyintas Gempa Cianjur Kembangkan Program Orangtua Asuh, Muhammadiyah Gresik Tanggung Seluruh Biaya Sekolah Anak Yatim

Muhammadiyah News Network WIB

Siswa Kelas I SDM 1 Trenggalek Jadi Penceramah Tarawih | PWMU.CO


 Siswa Kelas I SDM 1 Trenggalek Jadi Penceramah Tarawih | PWMU.CO Perbesar

Ghaisan Nobel saat berceramah di Masjid al-Fajar Trenggalek. Siswa Kelas I SDM 1 Trenggalek Jadi Penceramah Tarawih (Wahyu Roiyan/PWMU.CO)

Siswa Kelas I SDM 1 Trenggalek Jadi Penceramah Tarawih, liputan Wahyu Roiyan, kontributor PWMU.CO Trenggalek.

#

PWMU.CO – Ada yang berbeda pada shalat Tarawih di Masjid al-Fajar Kelurahan Surodakan, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Sabtu, (23/4/2022). Pasalnya, salah satu masjid Muhammdiyah ini menghadirkan dai cilik sebagai penceramah. 

Dia adalah Ghaisan Nobel, siswa kelas I SD Muhammadiyah 1 Trenggalek, yang menjadi Bintang Dacil Fast 2022 Trenggalek.

Di depan bersama 60 orang yang mengikuti jamaah shalat Isya dan Tarawih, kemudian dilanjutkan dengan shalat witir, Nobel, menyampaikan tentang kewajiban umat Islam menjalankan ibadah puasa dan hikmah berpuasa. 

“Bagi orang yang beriman kita diwajibkan untuk melaksanakan shaum  sebagaimana firman Allah dalam Surat al-Baqarah ayat 183 yang artinya: ‘Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan orang-orang  atas sebelum kamu   agar kamu bertakwa’,” jelasnya. 

Doa menegaskan, berpuasa tidak hanya menahan makan dan minum namun lebih jauh dari itu berpuasa juga menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. 

Puasa dan Kesehatan

Nobel, juga menyampaikan hikmah menjalankan ibadah puasa, yaitu tubuh akan menjadi lebih sehat. 

“Selalu ada hikmah dibalik perintah Allah, dengan berpuasa ada  beberapa manfaat yang dirasakan,” terangnya.

Pertama seperti alat-alat eletronik yakni laptop, HP, dan kendaraan. Jika digunakan secara terus-menerus akan mengalami kerusakan. Begitupun tubuh kita, jika terus-menerus melakukan aktivitas akan lelah dan butuh istirahat yang cukup. 

“Untuk menghindari kerusakan, dengan berpuasa tubuh akan beristirahat sejenak, sehingga tubuh akan lebih sehat,” terangnya. 

Nobel lalu mengutip hadits riwayat at-Thabarani, Rasulullah SAW bersabda, “Berperanglah maka kalian akan mendapat harta. Berpuasalah maka kalian akan mendapat  sehat. Dan bersafarlah maka kalian akan kaya.”

Hikmah puasa yang kedua, kata Nobel, dapat menumbuhkan sikap saling mencintai sesama.

“Ketika kita menahan lapar di situlah kita bisa merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang kekurangan. Sehingga kita akan memunculkan rasa saling berbagi dan saling mengasihi, miskin dan kaya sama dihadapan Allah,” urainya. 

Hikmah puasa yang berikutnya yaitu meningkatkan derajat ketakwaan kita di hadapan Allah. “Karena puasa merupakan perintah langsung dari Allah yang akan menjadikan kita manusia yang bertakwa yakni menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya,” tuturnya. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni

sumber berita by [pwmu.co]

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pembukaan Gelar Karya P5 dan Classmeeting SMK Muhammadiyah Kudus 2022 – Muriamu.ID

6 December 2022 - 02:02 WIB

Relawan Muhammadiyah Lumajang Lakukan Asesmen dan Bantu Warga Terdampak Gunung Semeru

6 December 2022 - 01:59 WIB

Penyintas Gempa Cianjur Berterima Kasih Atas Respon Dan Layanan Muhammadiyah

6 December 2022 - 01:58 WIB

Kemeriahan Fashion Show Gelar Karya P5 SMK Muhammadiyah Kudus – Muriamu.ID

5 December 2022 - 22:01 WIB

Lazismu Jawa Timur Kirim 50 Ribu Kaleng Sarden untuk Korban Gempa Cianjur

5 December 2022 - 21:58 WIB

Pidato Perdana Ketua Umum PP Nasyiatul Aisyiyah Terpilih dalam Penutupan Muktamar

5 December 2022 - 21:56 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network