Home Muhammadiyah News Network SDMM Ajarkan Tata Cara Shalat Idul Fitri dan Amalan Sunnah yang Menyertainya | PWMU.CO

SDMM Ajarkan Tata Cara Shalat Idul Fitri dan Amalan Sunnah yang Menyertainya | PWMU.CO

by PWMU CO
Achmad Nazarudin menjelaskan tata cara shalat Idul Fitri (Arif Wahyud/PWMU.CO)

Tata Cara Shalat Idul Fitri dan Amalan Sunnah yang Menyertainya, liputan Zaki Abdul Wahid, kontributor PWMU.CO Gresik.

PWMU.CO – Bagaimana tata cara shalat Idul Fitri dan sunnah-sunnah yang menyertainya? Pertanyaan itu terjawab tuntas dalam Pekan Fakultatif Ramadhan SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik.

Adalah Achmad Nazarudin MPd— Guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan SDMM—yang menjawab masalah itu di hadapan 82 siswa jenjazng kelas V SDMM, Jumat (22/4/2022).

“Sebelum shalat Idul Fitri apa yang kita lakukan? Pertama berwudhu karena hukumnya wajib. Dan sunnah terbaik adalah mandi besar atau mandi junub,” ujarnya. 

Ustazd Nazar, panggilan akrabnya, kemudian menanyakan kepada peserta: “Siapa yang boys pernah mandi junub bukan karena sudah baligh. Tapi setiap hari Jumat kita dahului mandi besar?” 

Dia lalu menerangkan tata cara mandi besar. Yaitu cuci tangan terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian mencuci kemaluan dengan tangan kiri. Setelah itu berwudhu seperti biasa tanpa mencuci kaki. Kemudian memakai sampo dan membersihkan rambut. 

“Setelah itu guyur seluruh tubuh dengan air. Terakhir bersihkan kaki,” jelsanya.

Guru yang pernah aktif di Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini melanjutkan penjelasannya tetang sunnah kedua sebelum shalat Id. Yakni memakai wewangian atau parfum untuk yang laki-laki. 

Ketiga memakai pakaian yang terbaik. Tidak harus baru. “Pakaian terbaik itu yang saat kita pakai kita suka. Jadi pakaian terbaik tidak harus baru,” terangnya. 

Keempat sarapan terlebih dahulu. Dia menjelaskan, hakikat Idul Fitri itu sebenarnya adalah sarapan karena tidak puasa lagi sebagai tanda selesainya Ramadhan. 

“Artinya fitri itu bukan kembali kepada fitrah. Namun artinya al-fitru atau sarapan dengan makanan yang manis. Lebih baik lagi dengan sebutir atau tga butir kurma,” terangnya. 

Kelima, jelas Nazar, adalah berangkat ke tempat Id dengan dua arah berbeda, saat pergi dan kembali. Keenam shalat Id di lapangan tanpa adzan dan ikamah. “Juga tanpa shalat qabliyah, yaitu shalat dua rakaat sebelum shalat fardhu,” jelas dia. 

Baca sambungan di halaman 2: Tata Cara Shalat Idul Fitri

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment