Home Muhammadiyah News Network Dubes Palestina Minta Indonesia Laporkan Israel ke Pengadilan Internasional

Dubes Palestina Minta Indonesia Laporkan Israel ke Pengadilan Internasional

by Infomu

Jakarta, Infomu.co – Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, meminta kepada Indonesia agar Israel dilaporkan ke pengadilan internasional.”Kami menyatakan sekali lagi Indonesia dapat memberikan pengaruh, dan apa yang dilakukan oleh Israel dari kejahatan-kejahatan yang mereka lakukan di wilayah kami, ini harus diajukan kepada pengadilan internasional,” tutur Al-Shun saat ditanya soal apa yang bisa dilakukan RI untuk mendukung Palestina, kala diwawancara CNNIndonesia.com, Rabu (27/4).

Al-Shun juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas upaya Indonesia mengangkat isu Palestina ke dunia.

“Tentu saja ketika Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia melakukan berbagai pergerakan yang mendukung Palestina, khususnya dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi, kami sangat mengapresiasi apa yang beliau lakukan untuk Palestina. Mereka membuka kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh Israel di hadapan Dewan Keamanan [PBB] dan juga anggota-anggota PBB,” kata Al-Shun.

Selain itu, Al-Shun menekankan bahwa Indonesia memiliki pengaruh kepada negara tetangga dan komunitas internasional. Ia juga menyampaikan apa yang dilakukan oleh RI sangat berpengaruh bagi Palestina.

“Indonesia memainkan peran penting untuk mendukung Palestina, karena Indonesia selalu membawa isu Palestina di komunitas-komunitas internasional dan juga memberikan dukungan terhadap Palestina di berbagai wilayah,” tuturnya.

“Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim terbesar dapat memberikan pengaruh terhadap negara-negara di sekitarnya dan juga di internasional karena dapat memberikan dukungan terhadap Palestina,” lanjutnya.

Sebagaimana diberitakan AFP, Israel sempat menolak bekerja sama dengan Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC) terkait investigasi kejahatan perang atas situasi di Palestina pada April 2021.

Israel juga mengirimkan surat bantahan ke ICC yang menyampaikan bahwa mereka “sangat menolak klaim terkait Israel melakukan kejahatan perang.” Surat itu turut menegaskan bahwa ICC tak memiliki hak untuk membuka investigasi terhadap Israel.

Tuduhan kejahatan perang yang dilakukan Israel itu berfokus pada perang 2014 di Gaza, pun kematian demonstran Palestina pada 2018 lalu.

Sebagaimana dilansir CNN, Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC) merupakan pengadilan untuk menangani kasus kejahatan internasional, seperti genosida, kejahatan perang, kejahatan kemanusiaan, dan kejahatan agresi.

Secara spesifik, kejahatan tersebut menargetkan warga sipil, melanggar konvensi Jenewa, dan menargetkan kelompok tertentu. (cnni)

sumber berita dari infomu.co

Related Articles

Leave a Comment