Home Muhammadiyah News Network Ini ZIS yang Sukses Dihimpun KLL Barat Magetan | PWMU.CO

Ini ZIS yang Sukses Dihimpun KLL Barat Magetan | PWMU.CO

by PWMU CO
Imam dan Khatib Shalat Ied, Drs. H. Hawari, SH, MH (Samsul Hidayat/PWMU.CO)

Ini ZIS yang Sukses Dihimpun KLL Barat Magetan; Liputan Kontributor PWMU.CO Samsul Hidayat.

PWMU.CO – Hikmah usai Ramadhan dan harapan ke depan menjadi tema utama khutbah shalat Idul Fitri 1443 yang diselenggarakan PCM Barat Magetan, Senin (2/5/22). Menghadirkan imam dan khatib Drs Hawari SH MH, shalat Idul Fitri bertempat di Kompleks Barat Islamic Centre (BIC) Jalan Kantil 241, Candi, Mangge, Barat Magetan.

Dalam ceramahnya, Hawari menilai, puasa tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, selama masih pandemi Covid-19, masjid sepi karena ibadah di masjid dibatasi. Corona menjadi ancaman bagi setiap orang dan mengancam kehidupan seluruh umat manusia.

“Alhamdulillah, meski Corona belum tuntas, pembatasan telah diperlonggar. Kita bisa kembali beribadah dengan berjamaah, meski kewaspadaan dan prokes tetap tidak boleh diabaikan,” terang purna Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

Tampilkan Perubahan Perilaku

Lebih lanjut, Hawari menegaskan, ujian pandemi Covid-19 menampakkan jelas karakter dan tingkah laku manusia. “Yang lebih baik, akan lebih sudi dan peduli menolong serta membantu saudaranya yang kesulitan,” ungkapnya.

Sedangkan yang karakternya menurun, sambung Hawari, maka menjadi tidak amanah, mengingkari kebenaran, menggunakan kesempatan dalam dalam kesempitan untuk menipu dan korupsi sehingga orang lain bertambah susah.

“Belum beban berat ekonomi rampung, ditambah lagi minyak goreng menghilang, BBM melambung, kebutuhan pokok membumbung tinggi. Yang lebih tragis lagi, pelaku utama justru para pejabat yang seharusnya menjadi pelindung rakyatnya,” jelas dia dengan suara sendu.

Laporan Program Persyarikatan

Di akhir ceramahnya, pria asli Magetan ini berpesan agar jamaah lebih meningkat iman dan takwa kepadaNya. “Semoga ilmu kita bermanfaat, amal shalih bertambah, hidup kita semakin tenang, persaudaraan kita menyatu yang diikat dua kalimat syahadat,” harap Hawari.

Suami Hj Siti Zubaidah SPd—mantan guru sekaligus mantan ketua PDA Magetan dua periode—itu juga berdoa agar semua yang hadir di sana bisa bahagia dunia dan akhirat atas rahman serta rahimNya.  

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Barat Magetan Is Purnomo SKep Ners melaporkan perolehan program Persyarikatan kepada jamaah. Yaitu pada bidang dikdas, layanan sosial, dakwah dan kesehatan, termasuk Kantor Layanan Lazismu (KLL) Barat Magetan.

Dia melaporkan, KLL Barat Magetan tahun 2021 mampu menghimpun dana sebesar Rp 751.205.950. Khusus Ramadhan tahun 2022, pihaknya mampu menghimpun zakat mal sebesar Rp 12.818.500. Adapun dari zakat fitrah terkumpul 2.780 ton beras; serta infak dan sedekah sebesar Rp 74.273.500. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni/SN

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment