Home Muhammadiyah News Network Syawalan SMA Muhi, Master Dongeng Ceramah tentang Fitrah | PWMU.CO

Syawalan SMA Muhi, Master Dongeng Ceramah tentang Fitrah | PWMU.CO

by PWMU CO
Syawalan SMA Muhi
Kak Bimo ceramah di acara Syawalan SMA Muhi Yogya. (Yusron/PWMU.CO)

PWMU.CO– Syawalan keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta digelar Ahad (8/5/2022).

Acara Syawalan bertempat di halaman Hotel Griya Persada, Kaliurang. Kegiatan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan beserta keluarganya.

Pengajian menghadirkan Master Dongeng Nasional Bambang Bimo Suryono atau yang dikenal sebagai Kak Bimo.  Kemampuan Kak Bimo menirukan 200 suara mampu membuat seluruh hadirin hanyut dalam alur dan pesan ceritanya.

Kak Bimo menyampaikan, seorang muslim yang kembali kepada fitrah pada Hari Raya Idul Fitri akan memiliki sikap, pertama, tetap istiqamah memegang agama tauhid yaitu Islam. Tetap berkeyakinan bahwa Allah itu Mahaesa dan hanya kepada Allah swt kita memohon.

Kedua, dalam kehidupan sehari-hari akan selalu berbuat dan berkata yang benar meskipun perkataan itu pahit.

Ketiga, ia tetap berlaku sebagai abid, yaitu hamba Allah yang selalu taat dan patuh kepada perintahNya. Seorang muslim yang kembali kepada fitrahnya selain sebagai abid (hamba Allah) yang bertakwa, ia juga akan memiliki kepekaan sosial yang tinggi peduli kepada lingkungannya.

 ”Dengan memiliki kepekaan sosial yang tinggi itulah seorang guru dan tenaga kependidikan diharapkan akan mampu meningkatkan etos kerja dan profesionalisme sebagai seorang pendidik,” katanya.

Di sela berceramah Kak Bimo juga membagikan berbagai doorprize kepada 40 anak yang hadir.

Kepala SMA Muhi Drs H Herynugroho MPd dalam sambutannya bersyukur pada Idul Fitri 1443 H ini kondisi pandemi sudah terkendali dan bisa kembali diadakan syawalan keluarga besar SMA Muhi secara luring.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 350 peserta. Harapannya, acara ini bisa meningkatkan kekeluargaan. Anggota keluarga dapat memahami serta mendukung tugas guru dan karyawan.

 ”Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan etos kerja seluruh guru dan tenaga kependidikan dengan dukungan penuh dari keluarga di rumah” pungkas beliau.

Setelah acara ramah tamah selesai, peserta kemudian berwisata bebas bersama keluarga di Suraloka Zoo.

Mereka menikmati dinginnya lereng Gunung Merapi dengan mencoba berbagai wahana permainan dan melihat aneka satwa dan tanaman hias di Suraloka Zoo. Kegiatan ini berakhir sekitar pukul 12.30 WIB ditutup dengan shalat Duhur berjamaah.

Penulis Yusron Ardi Darmawan   Editor Sugeng Purwanto

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment