Home Muhammadiyah News Network Muhammadiyah Deutschland e.V Salurkan Zakat ke Indonesia | PWMU.CO

Muhammadiyah Deutschland e.V Salurkan Zakat ke Indonesia | PWMU.CO

by PWMU CO
Anak-anak Panti Asuhan Muhammadiyah Sumenep yang menerima zakat dari PCIM Jerman Raya. (Ahmad Riyadi for PWMU.CO)

PWMU.CO – Muhammadiyah Deutschland e.V atau Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jerman Raya tahun ini berhasil mengumpulkan dana zakat, infak, sedekah, dan fidiah sebesar Rp 26.120.731.

Donasi yang dihimpun melalui Lazismu itu berasal dari warga Muslim dan warga Muhammadiyah Jerman dan negara Eropa lainnya seperti Austria. 

Dwi Maryatni, Penanggung Jawab Pengumpulan Zakat PCIM Jerman Raya 2022 menyatakan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya warga Muslim di Eropa sangat antusias menyalurkan zakatnya melalui Muhammadiyah. 

“Antusiasme warga dalam menyalurkan zakat merupakan bagian dari kepercayaan warga Islam di Jerman dan negara Eropa lainnya,” ujarnya, Ahad (8/5/2022). 

Menurut dia, hal itu perlu dijaga sehingga penyalurannya harus tepat. Mengingat, PCIM Jerman Raya adalah saat ini mendapatkan pengakuan resmi sebagai organisasi resmi nonprofit di negara tersebut.  

Ia menambahkan, tahun ini zakat, infak, dan sedekah disalurkan di ke Sumenep dan Semarang. 

Warga sekitar Panti Asuhan Muhammadiyah Sumenep yang menerima zakat PCIM Jerman Raya. Muhammadiyah Deutschland e.V Salurkan Zakat ke Indonesia (Ahmad Riyadi for PWMU.CO)

Panti Asuhan Muhammadiyah

Untuk di Sumenep, dana ditransfer secara langsung ke rekening Panti Asuhan Muhammadiyah Sumenep. 

Pihak panti kemudian menyalurkannya kepada 117 orang yang berhak menerimanya, berupa uang tunai dan beras. Yaitu anak panti, warga sekitar panti, dan warga yang sangat membutuhkan di perkampungan seperti Desa Guluk-guluk dan Slopeng. 

Khusus dana zakat mal diberikan kepada Panti Asuhan Muhammadiyah Sumenep untuk membantu renovasi mushala panti yang selama ini pembangunannya belum selesai.

Ahmad Riyadi, Pengasuh Panti Asuhan Muhammadiyah Sumenep, yang juga mendapat amanah menyalurkan tersebut menyampaikan terima kasih kepada PCIM Jerman Raya dan warga Islam di negara tersebut yang telah memberikan zakatnya untuk renovasi panti dan warga. 

Menurutnya, saat ini banyak warga di Sumenep yang hidup di bawah garis kemiskinan. “Bagi mereka bantuan ini sangat berarti bagi mereka di tengah harga bahan pokok yang tidak murah seperti minyak goreng,” ujarnya.

Di menambahkan, penyerahan secara simbolis dilakukan di Panti Asuhan Muhammadiyah Sumenep. Sedangkan penyaluran untuk warga dilakukan pada tanggal 28 April sampai 1 Mei 2022. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment