Home Muhammadiyah News Network J u j u r

J u j u r

by Infomu

Jujur itu tidak mudah, ia satu level dengan Taqwa. Sementara Taqwa itu akan wujud nyata dari keimanan yang dapat dilihat dari semua sisi perilaku manusia. Sementara uniknya jujur, ia tidak muncul dalam wujud fisik amal. Melainkan sebagai komponen soft kepribadian. Namun ia berada di ruang khusus kepribadian.

Jujur musykil muncul dari hati yang rusak, hati yang sakit dan apalagi hati yang mati. Jujur hanya bisa muncul dari hati yang sehat dan bersih.

Jika dikaitkan dengan agama (Islam) maka jujur adalah realisasi dari seseorang yang memiliki keimanan yang kuat. Maka tidak mungkin kalangan munafiq mampu melahirkan kejujuran ini.

Karakter jujur yang tumbuh di tengah masyarakat, menunjukkan kelas tinggi masyarakat itu. Dalam istilahnya disebut dengan _masyarakat madany_ atau _civil society_. Semua kita berkepentingan membentuk masyarakat yang jujur yang jika tidak, akibatnya juga akan buruk bagi masyarakat itu sendiri.

Kepemimpinan ataupun amanah yang diambil dan dibangun tanpa kejujuran, pasti akan merugikan masyarakat yabg dipimpin atau mereka yang membutuhkan dijalankannya amanah itu dengan baik. ( Abdul Latif Khan)

The post J u j u r appeared first on Infomu.

sumber berita dari infomu.co

Related Articles

Leave a Comment