Home Muhammadiyah News Network Sukses Berlian Kids Fest, Ini para Juaranya | PWMU.CO

Sukses Berlian Kids Fest, Ini para Juaranya | PWMU.CO

by PWMU CO
brahim Abqory Ahmad pemenang lomba membaca nyaring kelompok TK A

Sukses Berlian Kids Fest, Ini para Juaranya, liputan Anita Firlyando kontributor PWMU.CO Gresik

PWMU.CO –  SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) Grsik menggelar Berlian Kids Fest yang diikuti siswa-siswi TK se-Kabupaten Gresik. 

Kegiatan ini sebagai bagian dari pra-acara Milad Ke-13 Berlian School yang jatuh pada hari Senin (9/05/22). 

Lomba yang digelar secara virtual ini meliputi tiga kategori lomba. Kategori yang bisa dipilih siswa TK yaitu adalah Lomba Tahfidh, Lomba Membaca Nyaring, dan Lomba Mewarnai. 

Ketua Panitia Lomba, Vilda Rahma Aulia Zahro MPd, mengatakan ketiga kategori lomba tersebut untuk kelompok TK A dan TK B. Total sebanyak 267 siswa TK kelompok A dan B di wilayah Gresik yang ikut berpartisipasi dalam ajang Berlian Kid Fest 2022 ini.

“Lomba untuk adik-adik di TK A dan B ini untuk menyemarakkan Milad Ke-13 Berlian School sekaligus supaya adik-adik TK lebih mengenal Berlian School serta memunculkan bakat-bakat yang dimiliki mereka”, tuturnya. 

Pendaftaran Berlian Kids Fest digelar secara online dengan mengirimkan karya/video di linkyang disediakan oleh panita. Pengumuman pemenang juga melalui tayangan video di channel YouTube Admin Berlian, Jumat (22/04/22)

Lomba Mewarnai

Peserta lomba mewarnai mencetak secara mandiri gambar pada kertas A4 dari file yang sudah disediakan panitia untuk diwarnai. Mereka diperkenakan mempergunakan pensil warna, crayon, atau spidol. Kriteria penilaian lomba mewarnai ini meliputi  kerapian, kreativitas, dan komposisi warna.

Lomba Tahfidh

Pada kategori Lomba Tahfidh kelompok TK A menghafalkan surat al-Humazah sedangkan kategori TK B menghafalkan surat al-Bayyinah. Kriteria penilaian terhadap tajwid, makharijulhuruf, kelancaran, adab, dan irama tartil. Video lomba yang dikirimkan berdurasi maksimal tujuh menit. 

Salah satu juri Lomba Tahfidh, Reni Ratnawati SpdI yang juga sebagai Guru Al Qur’an Berlian School mengaku tak menyangka jika peserta lomba Tahfid dari kelompok  TK A dan B sangat antusias. Menurut Reni persiapan anak-anak terlihat sangat matang. Performance juga sudah dipersiapkan semaksimal mungkin dari ayah bunda.  “Banyak di antara para peserta yang sudah hafal surat yang d tentukan oleh panitia, mereka lucu-lucu dan hebat sudah hafal surat dan berani tampil dengan kemampuan yang meraka miliki”, tuturnya.

Mereka, lanjutnya, semoga bisa meneruskan hafalan mereka sehingga bisa menjadi hafidz atau hafidhah Quran yang nantinya mampu memasangkan mahkota kepada sang ayah bundanya.

Lomba Membaca Nyaring

Meskipun baru kali pertama Berlian School mengadakan lomba dengan kategori membaca nyaring untuk siswa TK, namun antusiasme anak TK cukup tinggi. 

Hal ini terbukti sebanyak 96 anak yang mendaftar lomba membaca nyaring. Peserta lomba harus membaca nyaring teks yang sudah ditentukan oleh panitia berdasarkan level kelompok A dan B. Kriteria penilaiannya meliputi intonasi, mimik, bahasa tubuh, kepercayaan diri, dan kelancaran.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Khoiro Numsyah SPd mengucapkan syukur karena orangtua dan anak-anak sangat antusias memeriahkan Milad Berlian School. 

Terima kasih juga diucapkan Khoiro kepada ayah bunda yang telah mengarahkan dan memotivasi putra-putrinya. “Ini juga berkat kerja keras teman-teman guru yang sudah mengonsep aneka lomba khas anak sehingga bisa memfasilitasi penyaluran bakat atau potensi terpendam mereka,” ungkapnya, Rabu (11/5/2022).

Karena usia mereka adalah usia emas, lanjutnya, ajang lomba ini sekaligus untuk mengasah dan memunculkan bibit-bibit unggul pada diri anak.

Baca sambungan di halaman 2: Rahasia Juara

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment