Home Muhammadiyah News Network Dukungan Pemkab Kotim untuk Rencana Muhammadiyah Dirikan Universitas di Sampit

Dukungan Pemkab Kotim untuk Rencana Muhammadiyah Dirikan Universitas di Sampit

by Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PALANGKA RAYA—Rencana Muhammadiyah mendirikan Universitas Muhammadiyah (UM) Sampit mendapatkan banyak dukungan dari berbagai kalangan, kali ini dukungan datang dari Pemerintah Kotawaringin Timur (Kotim).

Dukungan tersebut disampaikan oleh Bupati Kotim, Halikinnor saat pertemuan dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah di Palangka Raya pada, Jumat (13/5).

Dalam kesempatan itu ia berterimakasih kepada Muhammadiyah yang perhatian terhadap pendidikan di daerahnya. Bahkan, Halikin siap menuturkan pihaknya siap bersinergi dengan Muhammadiyah dalam menyukseskan pendirian Universitas Muhammadiyah Sampit. Bidang pendidikan merupakan komitmennya dalam memajukan Kotim, oleh karena itu dia bersyukur dan berterimakasih kepada Muhammadiyah.

“Begitu juganya terhadap sekolah, perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya,” ungkap Halikin.

Tidak hanya dukungan dalam bentuk fisik, Halikin juga menyebut bahwa dirinya mendukung usaha-usaha dalam membangun peserta didiknya. Sebab, pendidikan bukan hanya soal fisik tapi juga sumber daya manusianya. Keduanya tidak boleh saling menegasikan, tapi harus dijalankan bersamaan. Dukungan lain juga datang dari DPRD Kabupaten Kotim, Sanidin.

Menurutnya, komitmen Pemkab Kotim untuk bidang pendidikan mendapat dukungan dari organisasi masyarakat sipil seperti Muhammadiyah. Adanya universitas yang dibangung oleh Muhammadiyah di daerah-daerah akan mampu menjaring potensi lokal.

“Kami menyambut baik dan sangat mendukung, masyarakat Kotim masih cenderung melanjutkan studi ke Jawa dan Kalsel karena terbatasnya pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi,” katanya.

Dia mengusulkan, jika nanti UM Sampit telah berdiri supaya diadakan jurusan yang sesuai dengan keadaan lokal masyarakat Kotim. Seperti jurusan agribisnis, pendidikan dan kesehatan. Ketiga jurusan tersebut dalam pandangannya akan banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Ketua PWM Kalteng, Prof. Ahmad Syar’i menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada Muhammadiyah terkait rencana pembangunan perguruan tinggi di Sampit. Sinergi yang dibangun antara Muhammadiyah dengan pemerintah dalam pendidikan ini sudah terjalin sejak lama. Bukan hanya di tingkat daerah, tapi juga pusat.

“Kita sama-sama memajukan dan mengembangkan dunia pendidikan,” ungkapnya.

sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

Related Articles

Leave a Comment