Home » Rektor UMSU Resmi Melepas 535 Mahasiswa FKIP Peserta PLP Jati Diri Pendidik

Rektor UMSU Resmi Melepas 535 Mahasiswa FKIP Peserta PLP Jati Diri Pendidik

by Infomu

Rektor UMSU Resmi Melepas 535 Mahasiswa FKIP Peserta PLP Jati Diri Pendidik

Medan, InfoMu.co -Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP resmi melepas 535 mahasiswa FKIP yang menjadi peserta pada kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Jati Diri Pendidikan angkatan ke-7. Pelepasan diadakan, Sabtu (21/5) di Halaman Utama UMSU – Jl. Muchtar Basri No.3, Kota Medan.

Sejak 2016 setelah bergantinya kurikulum, Mahasiswa FKIP UMSU sudah melaksanakan kegiatan PLP dimulai dari semester 4, semester  5 dan  semester 7.   Setidaknya sebanyak 7 kali kegiatan PLP dilaksanakan, di antaranya 5 kali tatap muka dan 2 kali secara daring secara karena pandemi Covid-19.

PLP ke-7 dilaksanakan secara langsung di 52 sekolah yang telah bekerjasama dengan UMSU terkait PLP, PPG, Tanoto dan sebainya. Lokasi pelaksanaan dibagi menjadi dua yaitu di kota Medan dan Deli Serdang yakni 30 Sekolah Dasar (SD) dan 22 Sekolah SMA atau SMK.

Sebelum dilepas ke sekolah-sekolah, Rektor UMSU memberikan arahan dan bimbingan “Ananda laksanakanlah dengan maksimal PLP 1, 2 dan 3. Apa yang didapatkan nanti di sekolah  jadikanlah sebagai modal ananda menjadi guru profesional,” pesan Rektor UMSU.

Rektor UMSU juga memberikan semangat kepada mahasiswa yang akan mengabdi melalui di sekolah. “Pada hari ini kita melepas mahasiswa untuk melakukan PLP 1, ini merupakan kebahagiaan dan kesungguhan kita serta tidak terlepas dari manajemen fakultas hingga universitas melaksanakan kegiatan ini,” sambung Rektor.

Kemudian, Dekan FKIP UMSU Assoc. Prof. Dra. Syamsuyurnita, M.Pd menyampaikan bahwa PLP adalah wadah observasi mahasiswa untuk melihat kehidupan di satuan pendidikan secara langsung, melatih rasa welas asih dan tanggungjawab serta menumbuhkan jati diri pendidik.

Peserta PLP terdiri dari 46 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, 48 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, 79 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 16 mahasiswa Prodi Pendidikan PPKN, 19 mahasiswa Prodi Pendidikan Akutansi  serta yang paling mendominasi 278 mahasiswa Prodi PGSD yang diharapkan dapat menjaga nama baik fakultas dan universitas.

“Pesan kami selaku Pimpinan Fakultas dan sivitas akademika agar mahasiswa bisa mematuhi aturan-aturan selama PLP, sesuai desngan pembekalan etika dan tata tertib di lapangan. Mohon dijaga nama baik almamater, universitas dan faultas,” pesan Dekan FKIP.

535 mahasiswa FKIP resmi dilepas dengan menyematkan tanda pengenal oleh Rektor UMSU kepada mahasiswa yang akan melaksanakan PLP 1. Pelepasan ini turut dihadiri WR I UMSU Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, M.Hum, WR II Assoc. Prof. Dr. Akrim, M.Pd, Para Pimpinan Dekan FKIP UMSU dan Dosen Pembimbing Lapangan PLP. (hms)

sumber berita dari infomu.co

Related Articles

Leave a Comment