Home » Doa Haji yang Mabrur Beserta Artinya

Doa Haji yang Mabrur Beserta Artinya

by Ibtimes.id

Keinginan terbesar bagi para jamaah haji adalah dapat memperoleh haji yang mabrur, yakni haji yang diterima dan diridhai oleh Allah Swt. Setelah melaksanakan seluruh rangkain ibadah haji, maka para jamaah bisa melafadzkan sebuah doa, yakni doa haji yang mabrur. Bagaimanakah bunyi doanya?

Doa Haji yang Mabrur

Sebagaimana doa yang datang dar Ibnu Mas’ud dan Ibnu Umar. Bunyi doa haji yang mabrur yaitu:

اللهم اجعله حجًّا مبرورًأ، سعيًا مشكورًا، وذَنْبًا مغفورًا

Allahummaj’alahu hajjan mabruura, wa sa’yan masykuura, wa dzanban maghfuura.

Artinya: “Ya Allah jadikan haji ini sebagai haji yang mabrur, usaha yang disyukuri, dan pengampun bagi dosa”.

Adapun mereka yang berhasil memperoleh haji yang mabrur adalah mereka yang semakin giat dalam melaksanakan ibadah dan amalan yang baik dan semakin jauh dari perbuatan yang maksiat dalam bentuk perbuatan di kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Jadi bukan haji mabrur yang diklaim dengan kata kata semata, namun juga dibuktikan dengan perbuatan yang baik kepada semua makhluk ciptaan Allah Swt.

Penutup Doa

Tentu masih banyak upaya, usaha dan ikhtiar dalam memperoleh atau mencapai gelar haji yang mabrur. Perlu persiapan yang matang sebelum menunaikan ibadah haji, karena haji bukan hanya soal biaya, melainkan juga soal ilmu dan pemahaman agama. Salah satunya meminta bimbingan kepada ulama ataupun ustadz yang sudah mumpuni di bidangnya sebelum berangkat haji dan ikhtiar yang lain.

Sebagaimana firman Allah Swt:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(QS. Ar-Rad: 11)

Sekian doa mohon haji mabrur yang bisa kita baca. Doa lain bisa diakses pada website IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email

sumber ini berita dari ibtimes.id

Related Articles

Leave a Comment