Home » Outbound SD Muga, Asyiknya Bermain Ini | PWMU.CO

Outbound SD Muga, Asyiknya Bermain Ini | PWMU.CO

by PWMU CO
Outbound SD Muga
Mengisi pipa berlubang dengan air dimainkan siswa SD Muga. (Zulfaturrasyidah/PWMU.CO)

PWMU.CO– Outbound SD Muga (SD Muhammadiyah 3) Pandaan Pasuruan membuat liburan akhir semester menjadi seru dan ceria. Apalagi selama dua tahun pandemi Covid-19 dilarang liburan ke tempat wisata.

Outbound SD Muhammadiyah 3 Pandaan bertempat di Camping Ground Wanawisata Bernah De Vallei Desa Paras Kembangbelor Kec. Pacet Mojokerto, Rabu-Kamis (15-16/6/2022).

Tadabbur alam ini diadakan selama dua hari. Hari pertama untuk kelas 1,2, dan 3. Hari kedua untuk anak-anak kelas 4 dan 5.

Anak-anak sangat antusias mengikuti setiap permainan dalam outbound SD Muga ini. Ada flying fox, titian, game air. Lewat permainan ini diharapkan menambah ketangkasan dan kekompakan.

Apalagi sewaktu bermain di sungai. Permainan mengisi air dalam pipa menjadi ramai dan seru. Permainan ini dilakukan beregu. Setiap regu beranggotakan lima anak.

Regu yang berhasil memenuhi pipa dengan air tercepat menjadi pemenang. Yang bikin heboh adalah pipa itu banyak lubang. Butuh strategi dan kerja sama untuk menutup lubang dengan jari untuk mencegah bocor dan pipa cepat penuh air.

Mereka berteriak memberi komando menutup lubang, anak lainnya mengisi air dari sungai. Kalau ada yang masih bocor langsung berteriak meminta temannya segera menutup dengan jari. Teriakan dan tawa itu yang membuat permainan makin seru. Saat air sudah penuh, mereka langsung berteriak kegirangan. Badan dan baju basah kuyup mereka asyik saja.

Berikutnya bermain bebas di sungai. Kakak-kakak pendamping mengajak ke sungai dangkal. Ada yang kungkum sambil telentang, ada yang bermain pasir dan batu-batuan, ada yang hanya berendam sambil menikmati dingin dan bersihnya air pegunungan.

Belajar Kompak

Ketua Panitia Yuwono SPd menjelaskan, bersyukur tahun ini bisa melaksanakan tadabbur alam dan outbound. ”Mudah-mudahan membawa banyak manfaat untuk anak-anak terutama memberikan semangat menjalani pembelajaran normal,” katanya.

Nur Efiana, Sekretaris Panitia, outbound adalah agenda rutin sekolah. Tadabbur alam biasanya dilaksanakan di akhir tahun pembelajaran. Kalau studi wisata di awal tahun pembelajaran.

Siswa Adeeva Muhammad Fadhil an-Fawwas kelas 5 sangat senang mengikuti acara ini. Melihat keindahan alam seperti hutan, sungai, bukit,  juga bermain dan belajar sama teman-teman.

Senada dengan Muhammad Zakka Dahlan Rajaba kelas 2. Senang sekali ke pegunungan yang hawanya sejuk. ”Airnya dingin dan bersih. Asyik dan seru saat bermain di sungai,” ujarnya.

Penulis Luqman Wahyudi  Editor Sugeng Purwanto

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment