Home » Kepala OIF UMSU Berkunjung ke Turki dan Jalin Kerja Sama Bidang Ilmu Falak

Kepala OIF UMSU Berkunjung ke Turki dan Jalin Kerja Sama Bidang Ilmu Falak

by Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, TURKI—Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) bersama Rektorat UMSU Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Sumatera Utara (APTISI SUMUT) Global Partnership melakukan kunjungan dan kerjasama ke beberapa Universitas di Turki pada Senin-Rabu (13-22/06).

Kepala OIF UMSU Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, MA menyampaikan bahwa kunjungan ke beberapa universitas Turki di antaranya Isparta University, Akdeniz University, dan Suleyman Demirel University dilaksanakan dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah, rangkaian utama kunjungan ke beberapa universitas Turki telah rampung : Isparta University, Akdeniz University, dan Suleyman Demirel University,” Jelasnya.

Kepala OIF UMSU juga menambahkan poin-poin kerja sama yang dilakukan oleh UMSU dan OIF UMSU. “Dalam konteks UMSU, titik dan poin kerjasama adalah bidang kedokteran Islam, Astronomi (Ilmu Falak), Ekonomi, dan kopi, seluruhnya dialas dengan MoU, MoA, dan AMM. Sedangkan dalam konteks OIF, kerjasama difokuskan dalam 3 hal : riset langit (teleskop), manuskrip falak, dan kalender Islam global, khususnya dengan Akdeniz University yang memiliki jurusan astronomi (Space Sciences and Technologies Departement) dan Ilahiyat Fakultesi (Fakultas Agama Islam),” tambahnya.

Kerja sama ini tentu sejalan dengan visi misi OIF itu sendiri, UMSU dan Persyarikatan Muhammadiyah. Terkhusus pada poin Kalender islam Global, poin ini menjadi perhatian khusus apalagi Turki merupakan tuan rumah Kongres Internasional Kesatuan Kalender pada tahun 2016 dan isu Kalender Islam Global merupakan salah satu putusan Muktamar Muhammadiyah ke 47 di Makasar pada tahun 2015. Hal ini juga sejalan dengan pembahasan pada Pengajian Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jum’at 17 Juni 2022, yang mengangkat tema Kalender Islam Global dan Internasionalisasi Muhammadiyah.

Prof. Dr. Ahmed Ogke yang menjabat sebagai Dekan dan Doc. Dr. Ibrahim halil Erdogan sebagai sekretaris dekan menyambut positif atas kerjasama yang dilakukan antara OIF UMSU dengan Fakultas Ilahiyat dalam bidang Ilmu Falak.

“Ahlan wa Sahlan, tentu saja kami sangat senang dan terbuka untuk kerjasama ini, di Fakultas Ilahiyat ini ada filsafat, tasawuf, fikih, tafsir, dll, kita bisa mensinergikannya dengan astronomi,” jelas Arwin.

Kepala OIF dalam diskusinya dengan pihak dekanat menuturkan bahwa proyek besar OIF adalah penelitian manuskrip falak dan proyek kalender Islam global. Selain itu, Arwin juga menjelaskan OIF akan menjalin kerjasama dengan jurusan astronomi Akdeniz University.

“OIF akan menjalin kerja sama dengan jurusan astronomi Akdeniz University yang juga memiliki fasilitas Observatorium. Karena itu, OIF dan departemen astronomi ini akan sangat cocok jika melakukan kerjasama dan peningkatan penelitian langit dgn menggunakan teleskop, salah satunya dengan mengembangkan remote telescope,” ungkap Arwin.

sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

Related Articles

Leave a Comment