Home » Muhammadiyah Lamongan Siapkan 11 Klinik dan 2 Rumah Sakit untuk Naik Kelas Akreditasi

Muhammadiyah Lamongan Siapkan 11 Klinik dan 2 Rumah Sakit untuk Naik Kelas Akreditasi

by Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LAMONGAN—Sebanyak 11 klinik Muhammadiyah di Kabupaten Lamongan sedang disiapkan oleh Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan untuk naik kelas akreditasi.

Ketua MPKU PDM Lamongan, dr. Abdul Manaf menjelaskan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh MPKU PDM Lamongan kepada 11 klinik Muhammadiyah tersebut dilakukan mulai dari 11 sampai 18 Juni 2022, dengan berkeliling mendatangi satu per satu klinik untuk persiapan akreditasi.

Dalam setiap kunjungan yang dilakukan ke 11 klinik Muhammadiyah tersebut, tim dari MPKU PDM Lamongan memberikan lokakarya dan sosialisasi akreditas klinik, yang meliputi building commitment dan pemahaman instrumental. Dr. Abdul Manaf menambahkan, untuk sukses akreditasi dibutuhkan beberapa hal terutama dukungan dari semua pihak.

Menurutnya, stakeholder yang terdiri dari Pimpinan Cabang, Daerah, dan MPKU serta civitas hospitalia harus saling bersinergi membantu klinik untuk naik kelas akreditasi. Dia menambahkan, juga dibutuhkan komitmen untuk keberhasilan akreditasi. Yakni sebuah niat kesungguhan untuk memberi kualitas pelayanan kesehatan yang terjamin.

“Serta memastikan keselamatan pasien, petugas, dan pengunjung terjamin dengan penerapan pelayanan sesuai standar agar nantinya ada perbaikan kinerja dan mutu yang berkesinambungan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima pada, Senin (20/6).

Dia menambahkan, MPKU PDM akan memfasilitasi pelatihan pembekalan penyusunan rencana strategi (renstra) di bulan Juli selama empat kali pertemuan di Gedung Dakwah PDM Lamongan. Sehingga, diharapkan pada akhir 2022 atau awal 2023 sebanyak 11 klinik Muhammadiyah se-lamongan siap disurvei akreditasi dan mendapat nilai paripurna.

“Tentu semua ini kita dasari sebagai niatan memberi pelayanan yang terjamin agar bernilai ibadah sekaligus upaya dan wahana dakwah amar makruf nahi mungkar,” terangnya.

Abdul Manaf berharap, setelah kegiatan ini terbentuk tim akreditasi dan manajemen mutu untuk memastikan proses berjalan baik pada kelengkapan dokumen dan tata naskah maupun tata graha. Saat ini, sambungnya, sudah ada dua rumah sakit Muhammadiyah yang mengikuti akreditas dan dua klinik Muhammadiyah yang akreditas perdana dan reakreditasi.

“Yakni Klinik PKU Muhammadiyah Lamongan Kota dan Klinik PKU Muhammadiyah Karangasem Paciran. Selain itu ada rumah sakit Muhammadiyah yang mempersiapkan akreditasi yakni Rumah Sakit Muhammadiyah Kalikapas dan Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Babat,” imbuhnya.



sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

Related Articles

Leave a Comment