Home » Doa Sebelum dan Setelah Tahallul Beserta Artinya

Doa Sebelum dan Setelah Tahallul Beserta Artinya

by Ibtimes.id

Salah satu rukun haji dan umrah adalah tahallul (mencukur rambut) paling banyak tiga helai. Dalam rangkaian ibadah haji, saat ihram ada beberapa perbuatan yang dilarang, salah satunya mencukur rambut. Maka dari itu, seseorang yang telah melaksanakan tahallul menandakan masa ihramnya telah selesai. Lalu, bagaimanakah doa sebelum dan setelah tahallul?

Doa Sebelum dan Setelah Tahallul

Saat hendak tahalull dan mencukur rambut, doa yang bisa dibaca yaitu:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِكُلِّ شَعْرٍ نْورًا يَوْمَ القِيَامَةِ

Allahummaj’al likuli sya’ratin nuuran yaumal qiyaamati

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah cahaya untuk setiap helai rambut yang aku potong ini pada hari kiamat nanti.”

Adapun doa yang dibaca sesudah tahallul, bunyinya berikut ini:

الحَمْدُ للهِ الَّذِي قضَى عَنَّا مَنَاسِكَنَا اللَّهُمَّ إِيمَاًنا وَيَقِينًا وَعَوْنًا وَاغْفِرْلنَا وَلِوَالِدَيْنَا ولِسَائِرِ المُسْلِمِينَ وَالمُسْلِمَاتِ

Alhamdulillaahil ladzii qadhaa ‘annaa manaasikanaa. Allahumma zidnaa iimaanan wa yaqiinan wa ‘aunan waghfir lanaa wa liwaalidainaa wa lisaa’iri muslimiiina wal muslimaati

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelesaikan manasik kami. Ya Allah, tambahkanlah kepada kami iman, keyakinan dan pertolongan serta ampunilah kami, kedua orangtua kami dan seluruh kaum muslimin dan muslimat.”

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa waktu tahallul dilaksanakan setelah prosesi sa’i. Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menyebutkan doa sebelum dan sesudah seperti doa yang di atas.

Penutup Doa

Tentu segala usaha dan ikhtiar kita dalam melaksanakan segala syarat dan rukun haji adalah sebagai bentuk dari upaya kita dalam mencapai ridha haji yang mabrur dan bernilai pahala dari-Nya.

Renungkan firman Allah Swt:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Rad: 11)

Sekian doa sebelum dan setelah tahallul dari IBTimes.ID, doa yang lain bisa kalian akses di rubrik doa. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email

sumber ini berita dari ibtimes.id

Related Articles

Leave a Comment