Home » Belum Pernah Kurban, Ranting Pangkahkulon Senang Jadi Lokasi Baksos PDPM Gresik

Belum Pernah Kurban, Ranting Pangkahkulon Senang Jadi Lokasi Baksos PDPM Gresik

by Redaktur 1

GIRImu.com — Bakti sosial (baksos) Idul Adha menjadi salah satu agenda rutin Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Gresik. Tiap tahun baksos Idul Adha diadakan menyasar ranting-ranting kawasan pelosok.

Tahun 2022 ini, baksos diadakan di Ranting Muhammadiyah Pangkahkulon, Cabang Ujungpangkah, Ahad (10/7/2022). Satu ekor sapi dari Lazismu GKB disembelih di ranting yang selama ini belum pernah mengadakan kurban sendiri ini.

“Memang selalu kami cari lokasi yang relatif berada di pelosok dan kegiatan Muhammadiyah-nya kurang. Hal ini agar masyarakat setempat terpacu semangatnya dalam ber-Muhammadiyah,” ujar Auzan Muttaqin, Ketua Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat (KKM) PDPM Gresik.yang juga berprofesi sebagai tenaga medis itu.

Selain menyembelih dan membagi daging hewan kurban, dalam baksos ini juga dibagikan sembako dari Lazismu Gresik. Sebanyak 40 paket sembako dibagikan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di sekitar sekretariat ranting.

Karena baru pertama kali mengadakan penyembelihan kurban, kegiatan baksos PDPM Gresik ini mendapatkan sambutan meriah dari pimpinan ranting Muhammadiyah Pangkahkulon. Ranting Muhammadiyah Pangkahkulon, Cabang Ujungpangkah ini merupakan ranting yang relatif belum berkembang. Bahkan di ranting ini belum ada amal usaha masjid atau musala. Jamaah salat dan aktivitas persyarikatan biasanya ikut ke ranting Pangkahwetan.

“Sebenarnya jumlah jamaah di sini cukup banyak, mungkin sekitar 350-an kepala keluarga (KK), namun belum punya tempat ibadah tersendiri. Untuk pengajian, dilakukan berkeliling rumah jamaah, atau di rumah salah satu jamaah yang difungsikan sebagai sekretariat ranting,” terang Zainal Fanani, sekretaris PCPM Ujungpangkah. Meskipun begitu, ranting ini punya aset lapangan seluas 4.800-an meter, sebagian dari wakaf dan sebagiannya dari pembelian.

Kegiatan baksos Idul Adha tahun ini terselenggara berkat bantuan dari Lazismu Gresik, Lazismu GKB, PT Petrokimia Gresik, dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik. (zin)

Related Articles

Leave a Comment