Home » Doa Memberi dan Menerima Hadiah yang Bisa Kamu Baca

Doa Memberi dan Menerima Hadiah yang Bisa Kamu Baca

by Ibtimes.id

Di Indonesia, ada tradisi saling memberi hadiah di momen momen tertentu. Misalnya, natalan, lebaran, ulang tahun, wisuda, pernikahan dan lain masih banyak lagi. Namun lebih dari itu, ada juga doa yang bisa dibaca saat memberi dan menerima hadiah. Lalu, bagaimana bunyi doanya? mari coba kita bahas.

Doa Memberi dan Menerima Hadiah

Adapun doa bagi yang memberikan hadiah, bunyi doanya berikut ini:

بَارَكَ اللهُ فِيْكُم

Barakallahu fikum

Artinya: “Semoga Allah menurunkan keberkahan untukmu.”

Sedangkan bagi yang menerima hadiah, doa yang dibaca yaitu:

وَفِيْكُم بَارَكَ اللهُ

Wa fikum barakallah

Artinya: “Dan kepadamu, semoga Allah menurunkan keberkahan.”

Sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Sunni dari Sayidah Aisyah, ia berkata:

أهديت لرسول الله (صلى الله عليه وسلم) شاة ، قال : اقسميها ، فكانت عائشة إذا رجعت الخادم تقول : ما قالوا ؟ تقول الخادم : قالوا : بارك الله فيكم ، فتقول عائشة : وفيهم بارك الله ، نرد عليهم مثل ما قالوا ، ويبقى أجرنا لنا

“Suatu hari Rasulullah saw diberikan hadiah seekor kambing. Rasulullah saw berkata, ‘Bagikanlah.’ Aisyah bertanya ketika khadamnya pulang, ‘Mereka berkata apa?’ Khadamnya menjawab, ‘Mereka bilang, ‘Barakallahu fikum (Semoga Allah menurunkan keberkahan untukmu).’ Aisyah berkata, ‘Wa fihim barakallahu (Kepada mereka, semoga Allah menurunkan keberkahan). Kita berdoa seperti yang mereka ucapkan agar kita tetap mendapatkan pahalanya.’”

Penutup Doa

Hadiah yang kita berikan tentu harus dilandasi dengan rasa ikhlas dan karena Allah Swt, bukan karena niatan yang lain. Semoga segala usaha dan ikhtiar baik kita selalu diberikan balasan oleh Allah Swt dengan balasan pahala. Aaminn.

Renungkanlah firman Allah dalam surah Ar Rad ayat 11 di bawah ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia”.

Demikianlah doa memberi dan menerima hadiah, doa lain bisa kamu akses di situs IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email

sumber ini berita dari ibtimes.id

Related Articles

Leave a Comment