Home » Lansia Daycare Disambut Antusias Ibu-Ibu 60 Tahun ke Atas | PWMU.CO

Lansia Daycare Disambut Antusias Ibu-Ibu 60 Tahun ke Atas | PWMU.CO

by PWMU CO
Pemeriksaan kesehatan dan opengobatan gratis bagi lansia (Dewi Fatimah/PWMU.CO)

Lansia Daycare Disambut Antusias Ibu-Ibu 60 Tahun ke Atas; Liputan Dewi Fatimah, kontributor PWMU.CO Gresik.

PWMU.CO – Majelis Kesejahteraan Sosial Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Gresik menyelenggarakan Lansia Daycare, di Andalusia Hall SMP Muhammadiyah 12 GKB, Gresik, Ahad (31/7/2022).

Acara yang mengusung tema Bersama Aisyiyah, Lansia Sehat Bahagia Dunia Akhirat diikuti 60 peserta lansia dari Pimpinan Cabang Aisyiyah  (PCA) Gresik, Kebomas, dan GKB. 

Ketua Majelis Kesejahteraan Sosial PDA Gresik Dra Nurun Nazilah, mengatakan, Lansia Daycare bertujuan memberdayakan warga lanjut usia (lansia). Dia menjelaskan, lansia adalah seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas, berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1998. 

“Menurut data Badan Pusat Statistik pada tahun 2020, terdapat 9,78 persen penduduk Indonesia yang memasuki usia lansia, dan diperkirakan akan mencapai 11,8 persen pada tahun 2025,” terang dia. 

Dia menambahkan, Indonesia juga mengalami feminisasi lansia yakni suatu kondisi di mana jumlah lansia perempuan lebih banyak dibandingkan lansia laki-laki. 

“Aisyiyah sebagai gerakan perempuan berkemajuan yang mengusung peradaban utama, aktif, dan peduli terhadap masyarakat termasuk para lansia. Oleh karena itu PDA Gresik mengambil peran aktif dalam pemberdayaan para lansia,” ujarnya.

Menurut Nurun Nazilah, program Lansia Daycare ini telah direncanakan sejak lama namun karena adanya pandemi Covid-19 baru bisa dilaksanakan saat ini. “Diharapkan bisa menjadi wadah pengembangan lansia yang berkualitas, sehat, bahagia dunia dan akhirat,” kata dia.

Baca sambungan di halaman 2: Bersinergi dengan RSMG

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment