Home » Muhadjir Effendy: Ubah Mental Merusak Jadi Memelihara

Muhadjir Effendy: Ubah Mental Merusak Jadi Memelihara

by Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAGELANG – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy menghadiri Silaturahmi Keluarga Besar Muhammadiyah (SKBM) Muntilan-IX. Dalam kesempatan tersebut, Muhadjir menggelorakan gerakan revolusi mental melalui cinta menanam pohon.

Muhadjir datang dengan memberikan bantuan berupa 1.000 bibit pohon yang akan dibagikan ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Se-Kabupaten Magelang. Secara simbolis dilakukan penanaman bibit durian Musang King di Panti Asuhan Yatim (PAY) Muntilan. Proses penanaman juga didampingi oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang Jumari.

Muhadjir Effendy menyampaikan, saat ini Pemerintah melalui Kemenko PMK sedang memiliki program Menanam 10 juta pohon. Penanaman itu ditargetkan selesai pada akhir 2023. “Kalau nanti sebelum akhir tahun target sudah tercapai akan kita naikan 100 juta pohon,” ujar Muhadjir Effendy.

Muhadjir yang juga Ketua PP Muhammadiyah ini menambahkan, program itu dilakukan dalam rangka upaya mitigasi bencana, pengendalian perubahan iklim, dan mengatasi kekurangan bahan pangan. Utamanya, juga mengurangi efek rumah kaca yang  menimbulkan global warming (pemanasan global). 

“Saat ini permukaan air naik karena gunung es Kutub Utara mulai meleleh 5 juta kubik per hari. Terbaru, di Kota London suhunya melebihi 41 derajat celcius,” paparnya

Menurutnya, global warming ke depan juga akan berdampak sangat buruk bagi hasil pertanian. Jika tidak segera dilakukan penanggulangan, sangat mungkin menimbulkan krisis pangan. “Revolusi mental harus merubah, mental merusak jadi memelihara, suka menebang jadi suka menanam,” ucapnya.

Sementara, Bupati Magelang Zaenal Arifin berharap, kehadiran Menko PMK RI ini memberikan spirit dalam membangun dan merawat Kabupaten Magelang. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Menko PMK berupa 1.000 bibit pohon. “Pesan simbolis dari Pak Menko PMK ini agar kita harus tetap menjaga keseimbangan dan kestabilan alam kita,” kata Zaenal.

Zaenal juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang telah memberikan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Salah satunya melalui kegiatan penanaman pohon. “Selaras dengan program kami. Yakni Jogo Tuk untuk menjaga sumber mata air yang ada di Kabupaten Magelang,” pungkasnya. 



sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

Related Articles

Leave a Comment