Home » Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran Sambut Tahun Baru Islam | PWMU.CO

Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran Sambut Tahun Baru Islam | PWMU.CO

by PWMU CO
Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran Sambut Tahun Baru Islam, liputan kontributor PWMU.CO Surakarta Aryanto.
Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran (Aryanto/PWMU.CO)

Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran Sambut Tahun Baru Islam, liputan kontributor PWMU.CO Surakarta Aryanto.

PWMU.CO – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan khataman al-Quran menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Jumat (29/7/2022). Kegiatan ini diikuti 332 siswa dari kelas VII, VIII hingga kelas IX beserta Ustadz-Ustadzah dan karyawan.

Wakil Kepala SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan Rubiatun Nurush Sholihati SPdI kepada PWMU.CO menyampaikan tujuan kegiatan khataman al-Quran agar para siswa lebih dekat dengan al-Quran.

“Kita menutup aktivitas pada tahun 1443 H dengan mengkhatamkan al-Quran. Semoga kita semua semakin meningkat keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt,” ujarnya.

Para siswa, lanjutnya, bergabung dengan setiap kelompok mentoring pembimbingan akademik atau lebih dikenal dengan PA. Setiap kelompok PA dipimpin oleh Ustadz atau Ustadzah dengan beranggotakan kurang lebih 12 siswa.

“Masing-masing PA menyelesaikan target satu juz al-Quran. Terdapat 24 PA untuk 24 juz, sedangkan sisanya 6 juz dibantu oleh karyawan dan mahasiswa PLP dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Terlihat semua warga sekolah khusyuk membaca al-Quran sehingga lantunan merdu suara bacaan al-Quran memenuhi lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Tidak Mem-bully dan Tidak Mencela

Dia menjelaskan sebelum khataman al-Quran, pukul 06.30 wib para siswa melaksanakan kegiatan shalat Dhuha di lapangan sekolah. Usai shalat, siswa berdzikir dan berdoa. Siswa juga menyimak tausiyah bertema hijrah yang disampaikan oleh Ustaz Widi Kusumajati SPdI.

“Momentum tahun baru Islam ini, mari kita niatkan hijrah untuk menjadi siswa yang berakhlak baik dan berbuat baik terhadap sesama. Tidak mem-bully teman, bahkan tidak mencela teman,” ajak Ustadz Widi kepada para siswa.

Sebagai rangkaian semarak Tahun Baru Islam 1444 H, pekan depan akan digelar bakti sosial ke anak yatim piatu dan podcast Kariim (Kajian Remaja Islam Muhammadiyah) melalui Youtube PK TV.

Salah satu siswa kelas IX-C Billo Aurel Putra Denza mengaku senang dengan diadakannya kegiatan peringatan tahun baru Islam di sekolahnya.

“Khataman al-Quran di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat menjadikan kami semakin termotivasi untuk selalu membaca al-Quran,” ungkapnya. (*)

Co-Editor Sugiran. Editor Mohammad Nurfatoni.

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment