Menu

Mode Gelap
Turunnya Al-Quran Jadi Inspirasi Perubahan Masyarakat dari Jahiliah ke Modern Waktu Yang Tepat Mengeluarkan Zakat Fitrah Menurut Muhammadiyah Kader Muhammadiyah Harus Punya Spirit Iqra Untuk Meraih Kesuksesan Dicontohkan Nabi SAW, Inilah Berbagai Amalan Saat Beriktikaf di Masjid Mengungkap Rahasia Turunnya Al-Quran: Perjalanan Tahapan dan Proses Kompilasi Kitab Suci

Muhammadiyah News Network WIB

Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran Sambut Tahun Baru Islam | PWMU.CO


 Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran Sambut Tahun Baru Islam | PWMU.CO Perbesar

Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran Sambut Tahun Baru Islam, liputan kontributor PWMU.CO Surakarta Aryanto.
Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran (Aryanto/PWMU.CO)

Ratusan Siswa SMP Ini Khataman Al-Quran Sambut Tahun Baru Islam, liputan kontributor PWMU.CO Surakarta Aryanto.

PWMU.CO – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan khataman al-Quran menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Jumat (29/7/2022). Kegiatan ini diikuti 332 siswa dari kelas VII, VIII hingga kelas IX beserta Ustadz-Ustadzah dan karyawan.

Wakil Kepala SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan Rubiatun Nurush Sholihati SPdI kepada PWMU.CO menyampaikan tujuan kegiatan khataman al-Quran agar para siswa lebih dekat dengan al-Quran.

“Kita menutup aktivitas pada tahun 1443 H dengan mengkhatamkan al-Quran. Semoga kita semua semakin meningkat keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt,” ujarnya.

Para siswa, lanjutnya, bergabung dengan setiap kelompok mentoring pembimbingan akademik atau lebih dikenal dengan PA. Setiap kelompok PA dipimpin oleh Ustadz atau Ustadzah dengan beranggotakan kurang lebih 12 siswa.

“Masing-masing PA menyelesaikan target satu juz al-Quran. Terdapat 24 PA untuk 24 juz, sedangkan sisanya 6 juz dibantu oleh karyawan dan mahasiswa PLP dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Terlihat semua warga sekolah khusyuk membaca al-Quran sehingga lantunan merdu suara bacaan al-Quran memenuhi lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Tidak Mem-bully dan Tidak Mencela

Dia menjelaskan sebelum khataman al-Quran, pukul 06.30 wib para siswa melaksanakan kegiatan shalat Dhuha di lapangan sekolah. Usai shalat, siswa berdzikir dan berdoa. Siswa juga menyimak tausiyah bertema hijrah yang disampaikan oleh Ustaz Widi Kusumajati SPdI.

“Momentum tahun baru Islam ini, mari kita niatkan hijrah untuk menjadi siswa yang berakhlak baik dan berbuat baik terhadap sesama. Tidak mem-bully teman, bahkan tidak mencela teman,” ajak Ustadz Widi kepada para siswa.

Sebagai rangkaian semarak Tahun Baru Islam 1444 H, pekan depan akan digelar bakti sosial ke anak yatim piatu dan podcast Kariim (Kajian Remaja Islam Muhammadiyah) melalui Youtube PK TV.

Salah satu siswa kelas IX-C Billo Aurel Putra Denza mengaku senang dengan diadakannya kegiatan peringatan tahun baru Islam di sekolahnya.

“Khataman al-Quran di SMP Muhammadiyah PK Kottabarat menjadikan kami semakin termotivasi untuk selalu membaca al-Quran,” ungkapnya. (*)

Co-Editor Sugiran. Editor Mohammad Nurfatoni.

sumber berita by [pwmu.co]

Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Bersama dalam Damai dan Bahagia – Muriamu.ID

29 March 2024 - 17:01 WIB

Turunnya Al-Quran Jadi Inspirasi Perubahan Masyarakat dari Jahiliah ke Modern

29 March 2024 - 02:24 WIB

Waktu Yang Tepat Mengeluarkan Zakat Fitrah Menurut Muhammadiyah

28 March 2024 - 22:23 WIB

Kader Muhammadiyah Harus Punya Spirit Iqra Untuk Meraih Kesuksesan

28 March 2024 - 18:19 WIB

Dicontohkan Nabi SAW, Inilah Berbagai Amalan Saat Beriktikaf di Masjid

28 March 2024 - 14:18 WIB

Mengungkap Rahasia Turunnya Al-Quran: Perjalanan Tahapan dan Proses Kompilasi Kitab Suci

28 March 2024 - 06:16 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network