Home » Bacaan Doa Saat Terlanjur Mencela Orang Lain

Bacaan Doa Saat Terlanjur Mencela Orang Lain

by Ibtimes.id

Dalam bergaul sehari-hari, kadang kita luput akan perkataan kita yang sering mencaci-maki atau atau mencela orang lain. Dampak yang ditimbulkan pun tidak tanggung tanggung. Mulai dari membalas bahkan berujung sebuah pertengkaran dan perkelahian. Maka dari itulah, ada sebuah doa yang dianjurkan untuk dibaca saat terlanjur mencela orang lain. Mari coba kita simak.

Doa Terlanjur Mencela Orang Lain

Saat kita luput dari mencela orang lain, maka segeralah kita memnbaca doa di bawah ini:

اللَّهُمَّ فَأَيُّمَا مُؤْمِنٍ سَبَبْتُهُ فَاجْعَلْ ذَلِكَ لَهُ قُرْبَةً إِلَيْكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Allahumma fa ayyuma mukminin sababtuhu faj’al zalika lahu qurbatan ilaika yaumal kiamati.

Artinya: “Ya Allah, seandainya akau pernah mencela seorang mukmin, maka jadikanlah itu sebagai hal yang mendekatkan dirinya pada-Mu di hari kiamat.

Doa di atas bersumber dari sebuah hadis Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah berikut ini:

أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ  اَللَّهُمَّ فَأَيُّمَا مُؤْمِنٍ سَبَبْتُهُ فَاجْعَلْ ذَلِكَ لَهُ قُرْبَةً إِلَيْكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

 “Abu Hurairah pernah mendengar Nabi Saw berdoa; ‘Allahumma fa ayyuma mukminin sababtuhu faj’al zalika lahu qurbatan ilaika yaumal kiamati (Ya Allah, seandainya akau pernah mencela seorang mukmin, maka jadikanlah itu sebagai hal yang mendekatkan dirinya pada-Mu di hari kiamat)”.

Penutup Doa

Mengingat dampak yang ditimbulkan dari perbuatan buruk itu, maka tentu saja perlu ada upaya dan usaha dari kita sendiri.  Mengucapkan permohonan maaf, misalnya dan ikhtiar yang lain.

Sebagaimana firman Allah Swt di bawah ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(QS. Ar-Rad: 11)

Itulah doa saat terlanjur mencela orang lain, doa yang lain bisa kalian akses di rubrik doa pada situs IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email

sumber ini berita dari ibtimes.id

Related Articles

Leave a Comment