Menu

Mode Gelap
Peran Perguruan Tinggi Tingkatkan Skill Mahasiswa, Begini Tanggapan Wamen Ketenagakerjaan 6 Langkah Strategi Sukses Pemasaran Produk Eiger Adventure yang Kudu Diteladani UMKM Menyoal Rencana BNPT Kontrol Rumah Ibadah Tiga Pesan Penting Ketua PP Muhammadiyah Untuk Ribuan Mahasiswa Baru UM Bandung Universitas Muhammadiyah Bandung Kukuhkan 1.700 Mahasiswa Baru

Muhammadiyah News Network WIB

Tidak Benar Sekolah Negeri Pasti Lebih Baik Daripada Sekolah Swasta


 Tidak Benar Sekolah Negeri Pasti Lebih Baik Daripada Sekolah Swasta Perbesar

Banjarbaru, InfoMu.co – Tidak dipungkiri bahwa selama ini stigma bahwa sekolah negeri lebih baik daripada sekolah swasta masih tertanam kuat di masyarakat. Padahal pandangan tersebut sudah tidak relevan dan tidak benar.

Di lingkungan Muhammadiyah, disinyalir stigma ini juga masih ada sehingga lembaga pendidikan berlomba-lomba memperbanyak anak didik yang lulus ke sekolah negeri sebagai tolok ukur kemajuan sekolah.

Pandangan inilah yang tidak disetujui dan diharapkan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti agar segera diubah.

“Sekarang ada yang mengukur keberhasilan sekolah itu kalau ada banyak lulusannya yang diterima di negeri sehingga banyak sekolah Muhammadiyah berlomba dan bangga kalau banyak yang diterima di negeri. Kalau SD ke SMP Negeri, kalau SMP ke SMA Negeri, dan kalau SMA ke Universitas Negeri. Itu menurut saya ukuran yang subjektif,” kritiknya.

Dalam sesi Sarasehan dan Peresmian Gedung RKB SMP Muhammadiyah 1 Banjarbaru, Ahad (31/7), Mu’ti menjelaskan bahwa saat ini kualitas semua lembaga pendidikan diukur lewat akreditasi. Akreditasi ini berlaku sama antara lembaga pendidikan negeri maupun swasta.

“Akreditasi A-nya swasta sama dengan A-nya negeri, C-nya swasta sama dengan C-nya negeri. Tapi ada persepsi publik kalau negeri itu lebih baik dari swasta,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa banyak lembaga pendidikan Muhammadiyah, terutama perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A.

Kampus besar Persyarikatan seperti UMM, UMY, dan UMS bahkan telah menduduki 10 besar kampus terbaik di dunia Islam berdasar pemeringkatan Unirank, yang artinya, kampus-kampus Muhammadiyah ini telah mengalahkan banyak universitas negeri di Indonesia.

Karena itu, kata Mu’ti stigma dan anggapan bahwa lembaga pendidikan swasta tidak lebih baik dari lembaga pendidikan milik negeri itu jauh dari kata benar atau relevan. “Tapi publik masih menganggap seperti itu,” kritiknya. (afn/muhammadiyah.or.id)

sumber berita dari infomu.co

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Peran Perguruan Tinggi Tingkatkan Skill Mahasiswa, Begini Tanggapan Wamen Ketenagakerjaan

22 September 2023 - 03:31 WIB

6 Langkah Strategi Sukses Pemasaran Produk Eiger Adventure yang Kudu Diteladani UMKM

21 September 2023 - 23:30 WIB

Menyoal Rencana BNPT Kontrol Rumah Ibadah

21 September 2023 - 19:29 WIB

Tiga Pesan Penting Ketua PP Muhammadiyah Untuk Ribuan Mahasiswa Baru UM Bandung

21 September 2023 - 11:28 WIB

Muhammadiyah Siap Ambil Bagian dalam Gelaran Bulan Solidaritas Palestina 2023

21 September 2023 - 06:06 WIB

UM Bandung Gelar PESONAMU, 1.700 Mahasiswa Baru Dikukuhkan

21 September 2023 - 02:05 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network