Home » Literasi Sejak Dini, Perpustakaan UMY Gelar Lomba Cerdas Cermat se-DIY

Literasi Sejak Dini, Perpustakaan UMY Gelar Lomba Cerdas Cermat se-DIY

by Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL – Pengenalan literasi sejak dini melalui perpustakaan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan minat baca. Pasalnya, banyak anak-anak yang justru mempunyai pengalaman buruk terhadap perpustakaan di awal sekolah. Hal tersebut mendorong perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk menggandeng Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam salah satu rangkaian acara milad perpustakaan UMY.

Setelah sebelumnya bekerja sama dengan beberapa SD dalam ruang lingkup sumber daya informasi berupa sharing koleksi buku cetak, kali ini perpustakaan UMY kembali melibatkan siswa SD sebagai sasarannya melalui Lomba Cerdas Cermat Agama pada Selasa (02/08).

Arda Putri Winata, sekretariat perpustakaan UMY menyampaikan bahwa sasaran perlombaan bagi anak SD menjadi langkah tepat untuk mengenalkan literasi sedini mungkin pada anak.

“Karena ini sangat dekat dengan literasi, kami memandang bahwa anak-anak seharusnya diperkenalkan sejak dini. Namun masih banyak pengalaman-pengalaman buruk yang terjadi pada anak sekolah terhadap perpustakaan di awal sekolah. Sehingga kami sepakati mengadakan Lomba Cerdas Cermat dengan sasaran siswa SD. Sekaligus mengenalkan bahwa perpustakaan bisa sedemikian menarik, ramah dan kesan pertama terhadap perpustakaan akan positif,” ujar Arda saat ditemui seusai acara berlangsung.

Secara substansi acara, perlombaan cerdas cermat juga menjadi fondasi bagi anak-anak untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan membuka wawasan seluas-luasnya yang dibungkus dengan cara yang menyenangkan. “Berbicara substansi acara, lomba ini juga melatih kemampuan berpikir mereka dengan cara menyenangkan. Sehingga mereka punya kesan menyenangkan dan secara tidak langsung dapat menciptakan kegiatan membaca. Karena quiz-quiz yang kami berikan tidak mungkin dapat mereka jawab kalau tidak banyak membaca,” tambahnya.

Saat ditemui tim humas UMY, Jaya Nur Fitriana, Pendamping SD Muhammadiyah Mutihan Kulon Progo mengungkapkan bahwa perlombaan yang melibatkan murid didiknya sangat bagus untuk membuka wawasan anak-anak sekolah dasar.

Sedang Aira Rahmania Az-Zahra, peserta lomba dari SD Muhammadiyah Mutihan yang juga menjadi juara 1 merasa senang mendapatkan kesempatan untuk berlomba. Menurutnya, dengan berlomba ia semakin giat belajar, membaca juga merangkum. “Senang ikut lomba dan senang dapat juara 1. Sebelum lomba banyak belajar, membaca, merangkum biar bisa dapat juara,” ujar Aira.

Lomba Cerdas Cermat Agama tingkat SD itu diselenggarakan dalam rangka milad perpustakaan UMY ke-25. Sebanyak 9 SD bertanding di babak penyisihan hingga menyisakan sebanyak 6 SD di babak final.

Selain Cerdas Cermat tingkat SD, lomba antar Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan UMY hingga Cerdas Cermat untuk umum melalui zoom meeting menjadi rangkaian agenda milad perpustakaan. Sedang puncaknya akan diadakan pada Sabtu mendatang (06/08).

sumber : Humas UMY

sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

Related Articles

Leave a Comment