Home » Broadcaster Award 14, Siswi Smamda Borong Juara | PWMU.CO

Broadcaster Award 14, Siswi Smamda Borong Juara | PWMU.CO

by PWMU CO
Broadcaster Award
Dari kiri ke kanan Shanaz, Nazala, Rachmi, Wiritanaya,Titis Alya, dan Nabila Callisya. (Alya/PWMU.CO)

PWMU.CO– Broadcaster Award 14 membuat enam siswi SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda) berjaya. Enam siswi Smamda memboyong 9 trofi dari ajang lomba broadcasting yang diadakan prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jumat (29/07/2022).

Mereka adalah Shanaz Fatharani Azhima dan Nabila Callisya Nurmawan kelas XI MIPA 1,  Rachmi Rania RA XI MIPA 3, Nazala Freika Mira XI MIPA 6, Titis Alya Adrienne Aurelia XI MIPA 7, dan Wiritanaya Bian Putri Atmaja XII MIPA 1.

Dari lima kategori lomba yaitu lomba Radio Announcer, Podcast, Reporter, Video Documenter, dan News anchor, enam siswi Smamda berhasil meraih juara pada 4 kategori. Kategori yang dimenangkan Radio Announcer, Podcast, Reporter, Video Documenter, dan News anchor.

Dari enam siswa, sebanyak lima siswa berhasil menyabet juara pada 2 kategori. Enam siswi Smamda tersebut sangat bersyukur bisa menang dikategori yang mereka ikuti.

”Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa berpartisipasi dalam ajang ini. Lomba ini merupakan lomba pertama saya, jadi sebuah anugerah bisa langsung mendapatkan 2 juara sekaligus,” ungkap Shanaz Fatharani  yang berhasil meraih juara 1 lomba reporter dan juara 2 lomba news anchor.

Shanaz menuturkan mempersiapkan lomba ini selama dua pekan. ”Saya latihan intens dengan Mbak Mery,” papar siswi berhobi memasak ini.  Saat latihan ia belajar bagaimana menemukan nada yang tepat untuk menyampaikan berita, belajar intonasi, artikulasi, hingga ekspresi.

Setelah itu ia  menyiapkan 2 video untuk seleksi selama 1 hari dan langsung dikumpulkan ke panitia. ”Deg-deg an juga waktu menunggu pengumuman finalis yang akan berangkat ke Yogya, tapi waktu itu saya optimis,” kisahnya.

One Heart

Hal senada disampaikan Titis Alya Adrienne Aurelia yang juga menang di dua kategori yaitu juara 2 radio announcer  dan juara 1 podcast.

”Alhamdulillah saya sangat senang sekali karena tahun lalu sempat mengikuti lomba di ajang ini tapi belum mendapatkan juara,” tutur Alya biasa ia dipanggil. Ia bersyukur bisa mendapatkan hasil memuaskan dan membawa nama Smamda juga di Broadcaster Award 14 ini.

Ia menyiapkan lomba ini saat liburan. Siswi yang bercita-cita menjadi dokter anak ini mengaku sudah menyiapkan naskah untuk final sambil membuat naskah untuk seleksi lomba radio announcer dan podcast.

Naskah yang disiapkan bertema #1heart4humanrights. ”Saya menyiapkan video untuk lomba radio announcer dan spotify untuk podcast,” terangnya. Ketika namanya muncul di pengumuman finalis, dia sangat senang dan bertekad memberikan penampilan terbaik sehingga bisa menjadi juara.

Prosedur Lomba

Broadcaster Award 14 merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan meningkatkan dan membuktikan kompetensi siswa SMA-sederajat dalam bidang public speaking se Indonesia.

Tahap awal seleksi lomba ini dilaksanakan secara online. Dengan mengirimkan video ke link panitia. Kemudian dipilih 3 besar pada masing-masing kategori lomba untuk berangkat ke Yogyakarta dan final secara offline.

Setiap kategori lomba individu (News Anchor, Radio Announcer, Reporter) terdapat 3 pemenang yakni, juara 1, juara 2, dan juara 3, sedangkan kategori lomba tim (Podcast, video documenter) terdapat 1 pemenang.

Pendaftaran lomba dibuka mulai dari tanggal 25 Mei hingga 9 Juli, kemudian disusul dengan deadline pengumpulan karya yaitu tanggal 10-13 Juli. Babak final bagi lomba individu (news anchor, radio announcer, reporter) pada tanggal 29 Juli.

Untuk acara awarding night Broadcaster Award 14 diadakan di Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 29 Juli dan dimeriahkan oleh beberapa bintang tamu di antaranya Olski, Pandu Dunia, Sansssitive, Agsalita, dan teater tangga.

Juara Broadcaster Award 14

Lomba News Anchor

Juara 1: Niha Khoirunnisa (MAN Yogyakarta)

Juara 2: Shahnaz Fatharani Azhima (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

Juara 3: Nazala Freika Miraa Alifiyanah (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

Lomba Radio Announcer 

Juara 1: Wiritanaya Bian Putri Atmaja (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

Juara 2: Titis Alya Adrienne Aurelia (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

 Juara 3: Nabila Callisya Nurmawan (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

Lomba Reporter

Juara 1: Shahnaz Fatharani Azhima (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

Juara 2: Nazala Freika Mira Alifiya (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

Juara 3: Rachmi Raina Rahasatul (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

Lomba Podcast: Cendana Podcast dengan anggota Wiritanaya Bian Putri Atmaja dan Titis Alya Adrienne Aurelia dari SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

Lomba Video Dokumenter film judul Aku Anak Sempurna produksi Laiya Qitaroh Aurellia, Aqilah Alya Ramadhanti Nafisah, dan Fadlillah Ahmad Defrad (MAN 2 Yogya)

Penulis Shanaz Fatharani, Tanti Puspitorini   Editor Sugeng Purwanto

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment