Home » Dua Mahasiswa Prodi Administrasi Publik UM Bandung Terpilih Jadi Duta Bela Negara Jawa Barat 2022

Dua Mahasiswa Prodi Administrasi Publik UM Bandung Terpilih Jadi Duta Bela Negara Jawa Barat 2022

by bandungmu

BANDUNGMU.COM – Dua mahasiswa program studi Administrasi Publik UM Bandung, yaitu Rendra Renggana Mahesa dan Wina Arsy Septiani, terpilih sebagai Duta Bela Negara Jawa Barat 2022 perwakilan dari Kota Bandung.

Kedua mahasiswa ini mampu mengungguli puluhan peserta dari berbagai perwakilan lainnya yang sama-sama mengikuti Pendidikan Duta Bela Negara Jawa Barat akhir Juli 2022 lalu.

Mahesa—sapaan akrab Rendra Renggana Mahesa—mengaku bersyukur dan bahagia atas capaian membanggakan ini.

”Setiap kabupten dan kota di Jawa Barat ada perbedaan dalam sistem seleksiannya, termasuk Kota Bandung. Namun, alhamdulillah kami terpilih, kami bersyukur,” ucap Mahesa via pesan singkat, Rabu 03 Agustus 2022.

Proses yang tidak mudah

Mahesa menuturkan bahwa sebelum terpilih menjadi Duta Bela Negara Jawa Barat, dirinya harus melalui proses yang tidak mudah.

Misalnya mengurus berkas CV dan biodata. Kemudian mengikuti wawancara dengan Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangasan (Idwasbang) yang nantinya dari hasil ini akan disaring lagi menjadi tiga pasangan.

”Setelah terjaring tiga pasangan, lalu diserahkan ke Kesbangpol Provinsi Jawa Barat untuk dipilih satu pasangan sebagai Duta Bela Negara perwakilan dari Kota Bandung,” tuturnya.

Mahasiswa Administrasi Publik UM Bandung semester empat ini berharap dengan terpilih sebagai Duta Bela Negara Provinsi Jawa Barat, dirinya dapat memberikan semangat baru dan banyak kontribusi positif bagi Kota Bandung.

Masyarakat yang toleran

Wina Arsy Septiani, rekan Mahesa yang sama-sama terpilih jadi Duta Bela Negara Jawa Barat, juga bersyukur atas capaian luar biasa ini.

Keikutsertaannya dalam ajang pemilihan Duta Bela Negara, kata Wina, menambah pengalaman dan kesempatan dalam mengembangkan diri.

Kemudian tentu saja kesempatan ini akan Wina manfaatkan untuk berkontribusi positif kepada Kota Bandung khususnya dengan misi bela negara dan sebagainya.

”Meski Wina bukan orang Bandung asli, tetapi jika ada kesempatan buat mengembangkan Kota Bandung seperti ini (Duta Bela Negara), Wina siap berkontribusi,” ungkap Wina.

Wina berharap setelah menjadi Duta Bela Negara Jawa Barat dirinya dapat membantu terciptanya masyarakat Kota Bandung yang toleran dan tanpa diskriminasi.

Selain itu, Wina juga berharap dirinya bisa berkontribusi dan membuat warga Kota Bandung tidak berpaham radikal yang mana hal itu bisa membuat perpecahan.

Untuk diketahui pemilihan Duta Bela Negara Provinsi Jawa Barat ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Barat (Kesbangpol Jawa Barat).

Tahapan demi tahapan dilakukan, salah satunya karantina peserta selama tiga hari. Kegiatan ini menjadi media generasi muda untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air dan bela negara terhadap bangsa Indonesia.***(Firman Katon)




sumber berita ini dari bandungmu.com

Related Articles

Leave a Comment