Home » Panitia Muktamar Muhammadiyah Siapkan Even Pendukung, Ada Gowes Sedunia | PWMU.CO

Panitia Muktamar Muhammadiyah Siapkan Even Pendukung, Ada Gowes Sedunia | PWMU.CO

by PWMU CO
Panitia Muktamar Siapkan Even Pendukung, Ada Gowes se-Dunia, liputan kontributor PWMU.CO Situbondo Sugiran.
Panitia Muktamar Siapkan Even Pendukung Muhammad Nurul Yamin (kiri) dipandu oleh Budi Santoso (Tangkapan layar Sugiran/PWMU.CO)

Panitia Muktamar Muhammadiyah Siapkan Even Pendukung, Ada Gowes Sedunia, liputan kontributor PWMU.CO Situbondo Sugiran.

PWMU CO – Media Afiliasi Muhammadiyah menggelar Doorstop Afiliasi Gebyar Syiar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah. Kegiatan ini dilaksanakan secara Zoom Meeting, Rabu (3/8/2022).

Acara perdana yang dipandu oleh Presenter TVMU Budi Santoso ini menghadirkan Sekretaris Panitia Pusat Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah Dr Muhammad Nurul Yamin MSi.

Muhammad Nurul Yamin menyampaikan jenis kegiatan syiar pendukung Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah diserahkan kepada kreativitas wilayah, daerah, cabang dan ranting.

“Jadi boleh untuk mengeksplor kreativitas, inovasi dan ragam kegiatan, baik yang bersifat keagamaan, sosial, olahraga, iptek dan lainnya. Inti utamanya adalah menggembirakan dalam rangka menyambut muktamar,” ujarnya.

Seminar Pra Muktamar

Panitia Pusat, lanjutnya, sudah merancang beberapa aktivitas yang disebut Agenda Pendukung Muktamar atau Agenda Syiar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

“Pertama di bidang ilmiah yang sudah berlangsung sejak 2019, ketika awalnya muktamar akan digelar tahun 2020. Dilakukan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui steering committee atau panitia pengarah yang mempersiapkan materi-materi atau agenda muktamar. Acaranya terkenal dengan istilah Seminar Pra Muktamar,” ungkapnya.

“Ada yang diselenggarakan oleh panitia pengarah, tapi banyak juga yang kampus-kampus Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) yang menyelenggarakan menyesuaikan topik-topik yang sudah disusun. Seminar ini sudah berakhir di bulan Mei 2022. Putaran terakhir di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan topik Internalisasi Gerakan Muhammadiyah,” tambahnya.

Muktamar Talk

Menurutnya spirit ini perlu dijaga sebagai sebuah gerakan ilmu. Muhammadiyah sebagai gerakan amal usaha, tapi harus dipahami Muhammadiyah lahir juga sebagai gerakan ilmu. Maka tradisi berpikir menjadi bagian integral dalam gerakan dakwah Muhammadiyah.

“Oleh karena itu menjaga momentum menjelang muktamar dalam konteks kegiatan ilmiah ini kita merancang kegiatan Muktamar Talk. Muktamar Talk mengupas beragam isu yang menjadi perhatian Muhammadiyah dan Aisyiyah. Ini sudah berlangsung dan tayang setiap Jumat pukul 14.00 wib di TVMU,” urainya.

“Muktamar Talk daring ini akan kita akhiri menjelang muktamar dengan even Talk Show. Ini sedang digodok narasumber dan pematerinya. Talkshow ini akan menghadirkan audience secara offline dengan jumlah yang tetap mematuhi prokes dan sisi syiar tetap terasa,” imbuhnya.

Muhammadiyah Innovation and Technology Expo

Kedua adalah di bidang ekonomi. Ada dua even yaitu expo dan bazar. Expo ini diberi tema Muhammadiyah Innovation and Technology (MIT) Expo. Karena selama kurun waktu kiprah Muhammadiyah di bidang pengembangan iptek dengan hadirnya ratusan PTMA dan juga beragam aum pendidikan, tentu sudah melahirkan produk -produk inovasi dan teknologi.

“Saya yakin di kampus-kampus banyak, sekolah-sekolah kita juga tidak ketinggalan. SMK dan SMA Muhammadiyah banyak produk temuan teknologi. Kita expokan karena ciri masyarakat berkemajuan juga dilihat dari teknologinya. Dikatakan maju kalau menggunakan pendekatan teknologi,” jelasnya.

Hasil riset di kampus dan sekolah yang merupakan produk teknologi itu sudah saatnya ditampilkan dan diketahui oleh khalayak umum. Momentumnya sangat pas di Expo Muktamar.

“Di masa pandemi banyak produk-produk teknologi inovasi dari PTMA yang cukup menggembirakan dan sudah saatnya ditampilkan. Expo ini juga memberi ruang kepada pihak lain yang ingin tampil khususnya yang berbasis pada penguatan pengembangan teknologi,” terangnya.

Bazar UMKM

Bidang ekonomi kedua, kata Yamin – sapaan akrabnya, adalah bazar. Yaitu bazar ekonomi umat dengan produk para pelaku usaha kecil dan mikro atau kita kenal dengan UMKM.

“Kita tahu sejarah Muhammadiyah itu hadir sebagai potensi kekuatannya sebagai pedagang, saudagar atau entrepreneur. Sehingga momentum muktamar ini juga penting. Dan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) bisa menghimpun para saudagar Muhammadiyah. Itu arti pentingnya bazar,” tegasnya.

Tabligh Akbar dan Bakti Kesehatan

Ketiga adalah bidang sosial keagamaan. Ada beberapa agenda yang kita siapkan. Yaitu Tabligh Akbar yang akan menghadirkan Ustadz Adi Hidayat. Even ini akan dikombinasikan dengan agenda kedua di bidang sosial keagamaan, dan temanya menjadi Tabligh Akbar dan Amal Kemanusiaan.

“Diharapkan melalui kegiatan Tabligh Akbar itu kita akan menghimpun donasi untuk pengentasan, pemberdayaan persoalan-persoalan kemiskinan. Atau juga untuk kemajuan beberapa daerah, terutama kita akan mengarah di daerah tertinggal 3T,” paparnya.

Kemudian sosial keagamaan lainnya adalah Bakti Kesehatan yang dikoordinir oleh Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU). Program ini dilaksanakan melalui seluruh Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) se-Indonesia.

“Rumah Sakit dan seluruh jaringan kesehatan Muhammadiyah dan Aisyiyah akan secara serentak dalam durasi waktu hari yang ditentukan, yang akan dimulai pada 10 Agustus 2022, melayani bakti kesehatan bagi kelompok-kelompok masyarakat di seluruh Indonesia. Sehingga denyut kesehatan ini menjadi hal yang menjadi pusat perhatian dan agenda penting pendukung muktamar,” ungkapnya.

“Yang berkaitan lagi dengan sosial keagamaan adalah kegiatan yang dinamakan Mangayu Bagiyo Muktamar. Rencananya dilaksanakan Jumat (18/11/2022) malam hari. Maka teman-teman yang datang di Solo saat itu bisa mengikuti even ini di halaman Edutorium UMS,” ajaknya.

Lomba Kreativitas dan Seni

Dia menambahkan ada yang berkaitan dengan kreativitas dan seni. Ini wujudnya di wilayah, daerah, cabang dan ranting juga menyelenggarakan lomba-lomba yang semarak.

“Juga mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Panitia Pusat dan bagi pemenang lomba akan mendapatkan piala Muktamar. Ada lomba cover theme song muktamar, meski di beberapa medsos sudah muncul dan menarik diikutkan. Kemudian desin cover logo muktamar, lomba pidato dan lomba seni baca al-Quran,” ajaknya.

Gowes Virtual

Kelima yang tidak kalah menariknya adalah bidang olahraga. Ada Gowes Virtual. Ini baru pertama kali diselenggarakan. Gowes virtual asumsinya adalah peserta gowes bisa berada di lokasi yang berbeda dan di waktu yang berbeda.

“Nanti dengan satu mekanisme sistem web yang kita siapkan sehingga lomba ini bisa diikuti oleh siapapun, kapanpun dan di manapun. Maka targetnya juga saudara-saudara kita yang ada di luar negeri itu bisa mengikuti gowes virtual ini. Nanti ada aturan mainnya,” paparnya.

“Insya Allah tanggal 10 Agustus 2022 akan kita launching untuk Gowes Virtual ini. Pendaftaran akan segera dibuka dan berakhir 31 Agustus 2022. Jadi mohon menunggu informasi selanjutnya,” imbuhnya.

Terakhir, lanjut Yamin, berkaitan dengan olahraga adalah kita sedang merancang sebuah acara hiburan pertandingan sepakbola persahabatan Muhammadiyah Old Star. Kita sedang mencari bibit-bibit pemainnya. Kita sedang menjajaki bertanding dengan Pemerintah Kota Solo dan Provinsi Jateng.

“Intinya adalah menjaga kebersamaan dan keakraban. Itulah even pendukung yang disiapkan oleh panitia pusat. Biasanya di daerah ada panitia gebyar syiar muktamar. Bisa mengimprovisasi dengan kegiatan-kegiatan lainnya sesuai dengan kreativitasnya masing-masing,” pesannya. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni.

sumber berita by [pwmu.co]

Related Articles

Leave a Comment