Menu

Mode Gelap
PKM Center UM Bandung Gelar Dikusi Kiat Sukses Pendanaan PPK Ormawa Ruang Tanpa Nama, Buku yang Membawamu pada Kondisi Suwung Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Dorong Umat Islam Terlibat Aktif Membangun Peradaban Atasi Minimnya Informasi dari Lapangan, Relawan Kebencanaan Muhammadiyah Dibekali Keterampilan Jurnalistik Meriahnya MOTEKART Prodi PIAUD UM Bandung Suguhkan Berbagai Tampilan Mahasiswa Dengan Kostum Unik

Tarjih WIB

[Download] Kalender Islam Global Tunggal 1444 Hijriah – MTT


 [Download] Kalender Islam Global Tunggal 1444 Hijriah – MTT Perbesar

Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar tahun 2015 mengamanatkan upaya penyatuan kalender hijriah secara global. Setelah melalui berbagai seminar, penelitian, kajian dan diskusi, akhirnya Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah berhasil membuat prototipe/model/contoh Kalender Islam Global Tunggal 1444 Muhammadiyah, setelah tahun sebelumnya juga menerbitkan Kalender Hijriah Global 1443.

Kalender Islam Global Tunggal ini disusun berdasarkan Kriteria Istanbul yang merupakan Keputusan Kongres Internasional Unifikasi Kalender Hijriah Global yang diselenggarakan di Istanbul, Turki, 2016. Kriteria yang disepakati tersebut adalah:

1. Seluruh kawasan dunia dipandang sebagai satu kesatuan, sehingga bulan baru dimulai pada hari yang sama di seluruh kawasan dunia

2. Awal bulan baru dimulai apabila terjadi imkan rukyat di belahan bumi manapun sebelum pukul 12 malam (00.00 GMT/07.00 WIB) dengan syarat ketinggian hilal minimal 5º dan elongasi minimal 8º pada saat terbenam matahari.

3. Apabila imkan rukyat pertama di muka bumi terjadi melewati pukul 12 malam (00.00 GMT/07.00 WIB) bulan baru tetap dimulai dengan syarat:
a. Kriteria imkan rukyat (tinggi hilal minimal 5°, elongasi minimal 8°) terpenuhi dan telah terjadi konjungsi sebelum fajar di New Zealand,
b. Imkan rukyat menjangkau di daratan Benua Amerika.

Kalender ini baru sebuah prototipe, belum ditetapkan menjadi kalender resmi Muhammadiyah, dan hanya diterbitkan dalam versi digital (online). Kalender yang berlaku masih Kalender Hijriah Muhammadiyah berdasarkan kriteria hisab hakiki wujudul hilal yang diterbitkan melalui Suara Muhammadiyah dalam versi cetak. Oleh sebab itu, jika terdapat perbedaan penetapan awal bulan, hendaknya tetap berpedoman kepada Kalender Muhammadiyah yang resmi diterbitkan dalam versi cetak oleh Suara Muhammadiyah.

Dengan adanya Kalender Islam Global Tunggal ini, diharapkan warga Muhammadiyah khususnya dan masyarakat Muslim umumnya dapat memahami secara lebih mendalam tentang pentingnya keberadaan Kalender Global ini, hingga pada saatnya nanti Kalender Global ini dapat diterapkan. Saran dan kritik yang membangun tentu sangat diharapkan untuk pengembangan Kalender Islam Global Tunggal ini.

KLIK DI SINI UNTUK MENGUNDUH FILE KALENDER ISLAM GLOBAL TUNGGAL 1444 HIJRIAH

sumber berita dari tarjih.or.id

Artikel ini telah dibaca 214 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Perpindahan Hari dari Maghrib Itu Tidak Ada Dalil yang Tegas, Penggunaan Garis Bujur 180 Derajatlah yang Bisa Diterima oleh Masyarakat Dunia. – MTT

13 February 2024 - 23:45 WIB

Prof Ambo Asse, KHGT Merupakan Upaya Membangun Peradaban – MTT

31 January 2024 - 23:44 WIB

Pelunasan Utang 14 Abad Peradaban – MTT

18 January 2024 - 23:43 WIB

Pentingnya International Date Line untuk KHGT – MTT

5 January 2024 - 23:42 WIB

Kompilasi Materi Seminar Fikih Kedaulatan Pangan – MTT

23 December 2023 - 23:40 WIB

KHGT versi Turki 2016 adalah Kalender Hijriah yang Valid – MTT

10 December 2023 - 23:39 WIB

Trending di Tarjih