Menu

Mode Gelap
Turunnya Al-Quran Jadi Inspirasi Perubahan Masyarakat dari Jahiliah ke Modern Waktu Yang Tepat Mengeluarkan Zakat Fitrah Menurut Muhammadiyah Kader Muhammadiyah Harus Punya Spirit Iqra Untuk Meraih Kesuksesan Dicontohkan Nabi SAW, Inilah Berbagai Amalan Saat Beriktikaf di Masjid Mengungkap Rahasia Turunnya Al-Quran: Perjalanan Tahapan dan Proses Kompilasi Kitab Suci

wawasan WIB

Doa Supaya Terbebas dari Fitnah dan Artinya


 Doa Supaya Terbebas dari Fitnah dan Artinya Perbesar

Terkadang tuduhan atau fitnah datang darimana saja. Dengan berbagai bentuk tuduhan, yang sebenarnya kita sendiri tidak pernah merasa bahwa diri kita melakukan hal yang dituduhkan itu. Misalnya, mencuri, mencopet, membunuh dan masih banyak lagi. Dalam agama Islam, memfitnah orang lain tentu perbuatan yang dilarang. Selain itu, diajarkan juga doa supaya terbebas dari fitnah. Lalu, bagaimanakah bunyi doanya?

Doa Terbebas dari Fitnah

Saat kita sering dituduh dan difitnah, doa yang bisa kita amalkan supaya terbebas, bunyi doanya yaitu:

اللهم إنك لست باله استحدثناك، ولا معك إله أعانك على خلقنا، ولا معك رب فيشركك في ربوبيتك، أنت ربنا كما تقول وفوق ما يقول القائلون أسئلك أن تصلي على محمد وآل محمد، وأن تبرأني ببراءتي

Allohumma innaka lasta bi ilaahin istahdatsnaaka walaa ma’aka ilaahun a’aanaka ‘alaa kholqinaa walaa ma’aka robbun fa yusyrikuka fii rubuubiyatika anta robbunaa kamaa taquulu wa fawqo maa yaquulul qoo-iluuna as-aluka an tusholliya ‘alaa muhammadin wa aali muhammadin wa an tubrianii bi baroo-ati.

Artinya: “Ya Allah, Engkau bukan Tuhan yang kami ciptakan, bersama-Mu tidak ada Tuhan yang menolong-Mu dalam menciptakan kami, bersama-Mu tidak ada Tuhan yang bersekutu dalam ketuhanan-Mu, Engkau Tuhan kami sebagaimana Engkau katakan, dan melebihi anggapan dan perkataan orang. Aku memohon kepada-Mu untuk senantiasa memberi rahmat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya, dan aku memohon kepada-Mu untuk membebaskan aku dengan pembebasanku.

Doa di atas diambil dari kitab Biharul Anwar. Tentu saja doa yang baik dan bagus untuk kita amalkan kala di situasi dan kondisi dituduh atau difitnah.

Penutup Doa

Selain doa itu, tentu juga perlu mengatakan bahwa yang dituduh dan difitnah itu tidaklah benar adanya. Hal itu merupakan salah satu usaha dan ikhtiar kita supaya tidak dianggap salah atas fitnah yang dilontarkan orang lain tanpa adanya bukti. Disamping itu, masih banyak cara lain.

Sebagaimana firman Allah Swt di bawah ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Rad: 11)

Demikianlah doa supaya terbebas dari fitnah, doa yang lain bisa kalian akses di situs IBTimes.ID. Yuk amalkan.

Editor: Soleh

sumber ini berita dari ibtimes.id

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Kisah Cinta Sartre dan Beauvoir

28 March 2024 - 23:06 WIB

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh Di Bulan Puasa

28 March 2024 - 14:00 WIB

Islam Rahmatan Lil Alamin Tidak Sebatas Jargon

25 March 2024 - 23:05 WIB

Tiga Kunci Keberkahan Hidup

24 March 2024 - 17:20 WIB

Manfaat Latihan Beban di Bulan Puasa

23 March 2024 - 16:38 WIB

Empat Nilai Puasa Ramadhan yang Membawa Kita Pada Ketakwaan

22 March 2024 - 23:04 WIB

Trending di wawasan