Doa Selesai Shalat Qabliyah Subuh yang Bisa Kamu Baca

Datang lebih awal ke masjid tentu memberikan banyak keutamaan dan keistimewaan bagi setiap orang. Banyak ibadah-ibadah sunah yang bisa dikerjakan, salah satunya bisa melaksanakan shalat qabliyah subuh sebelum melaksanakan shalat fardhu subuh berjemaah. Selain itu, Islam juga mengajarkan doa setelah selesai mengerjakan shalat qabliyah subuh. Coba kita simak bunyi doanya.

Doa Selesai Shalat Qabliyah Subuh

Adapun doa yang bisa kita baca selesai melaksanakan shalat qabliyah subuh yaitu:

اَللهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْكائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Allahumma rabba jibrila wa israfila wa mika-ila wa muhammadinin nabiyyi a’uzubika minannar

Artinya: “Ya Allah, Tuhan malaikat Jibril, Israfil, Mikail dan Muhammad yang menjadi nabi. Saya berlindung kepadaMu dari api neraka.”

Doa ini dibaca oleh Rasulullah sebanyak tiga setelah beliau selesai mengerjakan shalat sunah subuh. Sebagaimana hadis dari Ibnu Sunni ini:

عَنْ اَبِي اْلمَلِيْحِ عَنْ اَبِيْهِ رضي الله عنه اَنَّهُ صَلىَّ رَكْعَتَيِ اْلفَجْرِ وَاَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى قَرِيْبًا مِنْهُ رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ ثُمَّ سَمِعَهُ يقُوْلُ وَهُوَ جَالِسٌ: اَللهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْكائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ ثلاث مرات

“Dari Abil Malih dari bapaknya, sesungguhnya dia pernah salat sunah fajar dua rakaat dan di dekatnya Rasulullah salat sunah fajar juga dua rakaat yang ringan. Kemudian dia mendengar Nabi Saw. membaca doa dalam keadaan duduk; ‘Allahumma rabba jibrila wa israfila wa mika-ila wa muhammadinin nabiyyi a’uzubika minannar,’ sebanyak tiga kali.”

Penutup Doa

Tidak hanya doa di atas tentunya yang bisa kita baca dan amalkan selepas melaksanakan shalat qabliyah subuh, melainkan masih banyak amalan-amalan sunah lainnya yang bisa kita kerjakan sembari menunggu waktu shalat subuh tiba. Semoga segala apa yang kita kerjakan adalah usaha dan ikhtiar kita untuk menjadi pribadi yang taat kepada Allah Swt.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surah Ar-Rad ayat 11 di bawah ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya:  Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia”.

Demikianlah doa selesai shalat qabliyah subuh, doa-doa lain bisa kalian baca di rubrik doa pada website IBTimes.ID. Mari amalkan.

Editor: Soleh

sumber ini berita dari ibtimes.id

Vinkmag ad

Read Previous

Musywil ke 13 PW Aisyiyah Sumut Selesaikan Pemilihan, Formatur Terpilih

Read Next

5 Nama Formatur PW Aisyiyah Sumut Ditetapkan

Most Popular