Inilah Doa Memohon Kebaikan untuk Pemimpin Negara

Tidak ada salahnya mendoakan orang lain selagi untuk kebaikan diri mereka. Salah satunya adalah mendoakan para pemimpin negara yang tengah menjalankan amanah dari para rakyatnya dengan penuh tanggungjawab, adil, dan bijaksana. Islam mengajarkan doa memohon kebaikan untuk para pemimpin yang bisa kita baca dan amalkan dalam kehidupan keseharian kita. Mari coba kita simak doanya.

Doa Memohon Kebaikan untuk Pemimpin

Adapun doa kebaikan untuk pemimpin negara yang bisa kita baca sebagaimana doa yang disebutkan dalam kitab Abwabul Faraj yakni:

اَللَّهُمَّ اَصْلِحْ وُلاَةَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَوَفِّقْهُمْ لِلْعَدْلِ فِيْ رَعَايَاهُمْ وَاْلِاحْسَانِ  اِلَيْهِمْ وَالشَّفَقَةِ عَلَيْهِمْ وَاْلِاعْتِنَاءِ بِمَصَالِحِهِمْ وَحَبِّبْهُمْ اِلَى الرَّعِيَّةِ وَحَبِّبِ الَّرعِيّةَ لَهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِصِرَاطِكَ اْلمُسْتَقِيْمِ وَاْلعَمَلِ بِوَظَائِفِ دِيْنِكَ اْلقَوِيْمِ

Allohumma ashlih wulatal muslimina lil ‘adli fi ro’ayahum wal ihsani ilaihim wasy syafaqoti ‘alaihim wal i’tina-i bi masholihihim wa habbibhum ilar ro’iyyati wa habbibir ro’iyyata lahum wa waffiqhum li shirothikal mustaqimi wal ‘amali bi wadzo-ifi dinikal qowimi.

Artinya: “Ya Allah, perbaikilah para pemimpin kaum muslimin, berilah mereka taufik-Mu hingga mereka bisa bersikap adil terhadap rakyat mereka, dan dapat berbuat baik kepada mereka, bersikap lembut kepada mereka, mau mendengar keluhan mereka, dan memperhatikan maslahat mereka, buatlah mereka agar mencintai rakyatnya dan buatlah rakyat agar mencintai mereka. Berilah mereka taufik-Mu agar tetap berada di jalan-Mu yang lurus, dan senantiasa mengamalkan ajaran agama-Mu yang lurus.

Penutup Doa

Tentu seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa melaksanakan amanah rakyat dengan penuh rasa tanggungjawab dan adil dalam segala hal. Betapa pentingnya usaha dan ikhtiar dari mereka sendiri untuk menjadi pemimpin yang baik dan amanah.

Sebagaimana firman Allah Swt berikut ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Rad: 11)

Demikianlah doa mohon kebaikan untuk para pemimpin, doa-doa lain juga bisa kalian akses di website IBTimes.ID. Mari amalkan.

Editor: Soleh

sumber ini berita dari ibtimes.id

Vinkmag ad

Read Previous

Studi Tiru Meningkatkan Kualitas Pembelajaran – Muriamu.ID

Read Next

RH Moeljadi, Ketua Pertama PDM Lamongan

Most Popular