Menu

Mode Gelap
Attitude, Perjanjian Tak Tertulis Pebisnis! Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Bisnis Digital Angkatan Muda Muhammadiyah Garut Gelar Sosialisasi PERDA Penyelenggaraan Perlindungan Anak Pendampingan Islamic Financial Literacy, PPM Universitas Siliwangi Cegah Akses Bank Emok Menguak Peran Penting Saudagar Batik dalam Perkembangan Muhammadiyah di Garut

Muhammadiyah News Network WIB

Jenderal Sudirman Dikukuhkan Sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan


 Jenderal Sudirman Dikukuhkan Sebagai Bapak Pandu Hizbul Wathan Perbesar

BANDUNGMU.COM, Malang — Jenderal Sudirman resmi dikukuhkan sebagai Bapak Pandu organisasi kepanduan Muhammadiyah Hizbul Wathan (HW) pada pembukaan Muktamar ke-IV HW di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (27/07/2023).

Pengukuhan dilaksanakan secara simbolis lewat pembacaan keputusan Kwartir Pusat Hizbul Wathan bersama Pimpinan Pusat Muhammadiyah oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

“Bismillahirrahmanirrahim, atas berkah dan rahmat Allah SWT, kami mendeklarasikan pengukuhan pandu Sudirman sebagai Bapak Kepanduan Hizbul Wathan. Semoga Bapak Pandu Sudirman menjadi teladan dan jalan kehidupan bagi anggota gerakan kepanduan Hizbul Wathan, selamanya,” baca Abdul Mu’ti.

Membawa tema “Menggerakkan Sumber Daya, Membangun Kader Ulama”, Muktamar dimulai sejak Rabu (26/07/2023) dengan forum Tanwir yang dibuka oleh Ketua PP Muhammadiyah Saad Ibrahim. Diselenggarakan sampai Sabtu (29/07/2023), Muktamar diikuti 812 hadirin dan 700 penggembira dari seluruh Indonesia.

Selain itu, kegiatan perkemahan Jambore Nasional pada Muktamar ini diikuti 3.100 peserta dari target awal sejumlah 1.500 peserta. Sebanyak 39 perwakilan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) juga hadir langsung ke Malang.

Pada pembukaan ini, juga diserahkan bantuan 2.500 Al-Quran dari Lazismu kepada peserta kemah Jambore Nasional. Lazismu Jawa Timur diketahui juga menyediakan 4.000 porsi bakso gratis selama Muktamar.

“Atas nama panitia, kami mengucapkan banyak terima kasih pada PP Muhammadiyah, PWM Jawa Timur, dan UMM yang telah memberikan dukungan penuh hingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” tutur Ketua Panitia Pelaksana Muktamar Edy Prajaka, dikutip dari muhammadiyah.or.id.

Ketua Umum Kwartir Pusat Hizbul Wathan Endra Widyarsono dalam pidatonya mengatakan jika Muktamar ini tertunda selama dua tahun akibat pandemi.

Endra juga menyampaikan belasungkawa atas para kader HW yang telah gugur selama berkhidmat sebagai relawan pandemi Covid-19.

Memasuki kondisi normal saat ini, HW diharapkannya menguatkan peran kebangsaan dengan prinsip kepanduan yang telah diajarkan. Misalnya tangguh, resiliensi, pantang menyerah, siap menolong dan wajib berjasa, suka akan perdamaian dan persaudaraan, dan penyayang bagi semua makhluk.

“Sekecil apa pun, pandu HW telah, harus, dan akan selalu berbuat manfaat bagi orang lain,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor UMM Fauzan berharap Muktamar HW ke-IV ini dapat meneguhkan peran para kader HW untuk memberi kemanfaatan kepada persyarikatan, umat, bangsa, negara, dan kemanusiaan semesta.

“Saya yakin Muktamar HW ini pun memiliki satu tekad yakni kebangkitan menuju HW yang lebih bermanfaat sebagaimana makna yang terkandung dalam kata-kata Hizbul Wathan, pembela tanah air. Mudah-mudahan apa yang kita ikhtiarkan senantiasa diridhai oleh Allah Swt,” doanya.***



sumber berita ini dari bandungmu.com

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Attitude, Perjanjian Tak Tertulis Pebisnis!

5 October 2023 - 01:11 WIB

Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Bisnis Digital

4 October 2023 - 21:09 WIB

Angkatan Muda Muhammadiyah Garut Gelar Sosialisasi PERDA Penyelenggaraan Perlindungan Anak

4 October 2023 - 17:09 WIB

FT UMC Dan Universiti Kuala Lumpur Gelar Orasi Ilmiah, Bahas Smart Manufacturing

4 October 2023 - 15:43 WIB

Pendampingan Islamic Financial Literacy, PPM Universitas Siliwangi Cegah Akses Bank Emok

4 October 2023 - 13:08 WIB

Menguak Peran Penting Saudagar Batik dalam Perkembangan Muhammadiyah di Garut

4 October 2023 - 09:07 WIB

Trending di Muhammadiyah News Network