Berikut Tujuh PTMA Berhasil Raih Akreditasi Unggul

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung  perkembangan sosial, ekonomi, dan intelektual masyarakat Indonesia melalui pendidikan berkualitas berdasarkan nilai-nilai Islam yang terintegrasi.

Terbukti, beberapa PTMA telah berhasil meraih predikat sebagai kampus terbaik di Indonesia menurut lembaga pemeringkat nasional dan juga internasional, seperti QS World University Rankings (QS WUR) dan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR).

Mahfud Sholihin selaku Bendahara Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah memaparkan bahwa Muhammadiyah telah memberikan kontribusi konkret pada sektor pendidikan.

“Hal ini dibuktikan dengan adanya amal usaha pendidikan yakni PTMA yang berhasil mencapai taraf unggul serta menghasilkan banyak lulusan yang kompeten,” paparnya.

Mahfud mengatakan, berdasarkan peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 1 Tahun 2020 tentang mekanisme akreditasi menentukan bahwa peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik atau Tidak Terakreditasi. Peringkat itu untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Sementara Ahmad Muttaqin selaku Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah menyebutkan terdapat tujuh kampus Muhammadiyah yang berhasil meraih status akreditasi Unggul yang diberikan oleh BAN-PT.

“Kampus dengan predikat akreditasi Unggul menunjukkan bahwa kampus memiliki sumber daya lebih baik, seperti dana penelitian, dukungan dari pemerintah, dan keterlibatan industri. Keberadaan sumber daya tersebut sangat mendukung aktivitas riset yang berkualitas, pengembangan program unggulan, serta pembangunan infrastruktur kampus ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

Dilansir hasil laporan dari laman resmi BAN–PT dan universitas PTMA, Sabtu, (6/1/2024). Berikut daftar nama-nama kampus Muhammadiyah yang terakreditasi Unggul.

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY terus menorehkan prestasi sebagai institusi pendidikan unggulan sejak didirikan pada 1 Maret 1981. Komitmennya terhadap keunggulan akademik dan nilai-nilai Islami, UMY yang berlokasi di Jalan Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, telah mendapat akreditasi BAN-PT sebanyak tiga kali dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, yakni pada tahun 2013 dan 2018, terakreditasi A, dan pada tahun 2022 mendapat akreditasi Unggul.

2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor 393/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2023, Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menetapkan peringkat akreditasi perguruan tinggi UAD Unggul. Status akreditasi ini berlaku terhitung mulai 30 Mei 2023 hingga 11 Oktober 2027

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Hingga sekarang, UMS terus menjaga standar mutu pendidikan tinggi. Setelah meraih Akreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2017, UMS meningkatkan akreditasi menjadi Unggul pada tahun 2021 dan berlaku hingga tahun 2026 berdasarkan nomor SK 1057/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/XII/2021 untuk akreditasi institusi.

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013. Kemudian pada tahun 2021, UMM kembali mendapatkan akreditasi terbaik dengan predikat Unggul. Akreditasi ini berlaku hingga tahun 2027.

5. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka)

Uhamka  saat ini telah memiliki sembilan fakultas dan sekolah pascasarjana. Setelah tahun 2022 Uhamka meraih peringkat 22 universitas Islam terbaik dunia, pada tahun 2023 Uhamka meraih posisi sebagai universitas Islam terbaik 1 di Indonesia dan 9 dunia. Hal ini tentu menjadi capaian yang luar biasa sebagai kampus swasta milik organisasi Islam terbesar dunia yakni Muhammadiyah.

6. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Tahun 2015, UMSU meraih akreditasi B oleh BAN-PT, dan pada tahun 2019 berhasil meraih predikat akreditasi A. Predikat tersebut membuat UMSU menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Pulau Sumatera yang berhasil meraih peringkat akreditasi A dan kedua di Indonesia di luar Pulau Jawa.

7. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

UM Purwokerto berhasil mendapatkan akreditasi B berdasarkan nomor SK 75/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/IV/2020 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Kemudian, tepat pada 30 Agustus 2023, UMP melangkah jauh dengan mencapai akreditasi Unggul dari BAN-PT dengan Nomor SK: 557/SK/BAN-PT/Ak/PT/VIII/2023.

Visits: 0

sumber berita ini dari muhammadiyah.or.id

0 Reviews

Write a Review

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Vinkmag ad

Read Previous

Urgensi Transfer Imkan Rukyat dalam Kalender Islam Global

Read Next

Sikapi Kritik Ketum Pemuda Muhammadiyah, Ketua PPNA: Pernyataan Itu Tidak Mewakili AMM

Most Popular